Portugal Harus Lakoni Playoff, Fernando Santos Siap Tanggung Jawab

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Senin, 15 November 2021
Portugal Harus Lakoni Playoff, Fernando Santos Siap Tanggung Jawab
Portugal takluk 1-2 dari Serbia. (Twitter)

BolaSkor.com - Jalan Timnas Portugal untuk berlaga di Piala Dunia 2022 kini semakin terjal. Tim asuhan Fernando Santos terpaksa melakoni babak playoff karena hanya finis di peringkat kedua fase grup.

Portugal secara tragis kehilangan status juara grup A pada laga terakhir saat menjamu Serbia di Estadio da Luz, Senin (15/11) dini hari WIB. Hanya butuh hasil imbang, Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan justru tumbang dengan skor 1-2.

Gol Renato Sanches saat laga baru berjalan dua menit harusnya membuat permainan Portugal lebih tenang. Namun keunggulan itu justru memicu kebangkitan tim tamu.

Baca Juga:

Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2022: Portugal Tumbang, Spanyol Lolos ke Qatar

Montenegro 2-2 Belanda: Der Oranje Kecewakan Van Gaal

Prancis 8-0 Kazakhstan: Kylian Mbappe Samai Rekor Berusia 63 Tahun

Fernando Santos

Serbia dengan berani tampil menyerang demi meraih kemenangan. Usaha mereka membuahkan hasil pada menit ke-33 saat tembakan keras Dusan Tadic gagal diantisipasi dengan sempurna oleh Rui Patricio.

Di sisa laga, Serbia kian berani menggempur pertahanan Portugal. Hal ini membuat tuan rumah mulai tertekan.

Portugal akhirnya memilih bermain lebih bertahan demi mengamankan skor imbang ini. Namun pilihan itu berubah menjadi petaka di penghujung laga.

Serbia akhirnya mampu mencetak gol kemenangan lewat sundulan Aleksandar Mitrovic pada menit ke-90. Portugal tak sempat membalas karena kehabisan waktu.

Ini menjadi kekalahan kandang perdana Portugal asuhan Santos di babak kualifikasi. Terakhir kali hal ini terjadi pada tahun 2014 (kualifikasi Piala Eropa) yang berujung pengunduran diri Paulo Bento.

Namun Santos enggan mengikuti jejak Bento. Ia menolak mengundurkan diri dan bertekad membawa Portugal melalui playoff dengan mulus.

"Tim saya akan berada di Piala Dunia Qatar, itu dijamin. Saya yakin saya memiliki semua kapasitas untuk membawa Portugal ke Qatar," kata Santos usai laga.

Meski melakoni playoff, peluang Portugal untuk melaju ke Qatar memang masih cukup besar. Apalagi mereka berstatus unggulan sehingga akan mendapatkan hak tuan rumah pada fase ini.

Portugal juga cukup berpengalaman tampil di playoff Piala Dunia. Pada edisi 2010 dan 2014, mereka juga melakoni babak ini dan mampu lolos ke putaran final.

Timnas Portugal Kualifikasi Piala Dunia 2022 Fernando Santos Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan