Plt Menpora Muhadjir Effendy Sebut Harus Ada Pembicaraan Moderat Terkait Israel U-20

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Sabtu, 18 Maret 2023
Plt Menpora Muhadjir Effendy Sebut Harus Ada Pembicaraan Moderat Terkait Israel U-20
Plt Menpora Muhadjir Effendy usai menggelar diskusi bersama awak media di Kemenpora, Jumat (17/3). (Kemenpora)

BolaSkor.com - Pelaksana tugas (Plt) Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Muhadjir Effendy menggelar acara makan siang dan diskusi bersama awak media pada Jumat (17/3). Dalam kesempatan itu, Muhadjir bicara soal persiapan Piala Dunia U-20 2023 sampai Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024.

Untuk Piala Dunia U-20 2023 yang berlangsung pada 20 Mei hingga 11 Juni mendatang, Muhadjir menyinggung status salah satu tim peserta, yaitu Israel U-20.

Kedatangan tim tersebut memang menuai polemik karena Israel tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia.

Namun, Muhadjir menegaskan bahwa Piala Dunia U-20 2023 merupakan ajang olahraga yang digelar oleh FIFA di mana Indonesia hanya berstatus sebagai tuan rumah.

"Saya mengatakan bahwa olahraga itu sifatnya harus netral, tidak boleh ada diskriminasi atau pengecualian, apalagi sepak bola adalah olahraga rakyat paling universal," kata Muhadjir.

Baca Juga:

Jadi Plt Menpora, Muhadjir Effendy Ingin Proses Transisi Berjalan Baik

Polemik soal Timnas Israel U-20, Zainudin Amali Serahkan ke Kemenko Polhukam

Dubes Palestina Sebut Kedatangan Israel ke Piala Dunia U-20 adalah Ketentuan FIFA

"Oleh karena itu harus ada pembicaraan yang lebih moderat termasuk mengenai salah satu peserta yang ada di Piala Dunia U-20 nanti. Saya yakin FIFA juga memahami posisi di Indonesia," tambahnya.

Kemudian untuk mendorong suksesnya penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023, Muhadjir mengatakan perlu ada sosialisasi kepada masyarakat. Ajang terbesar kedua FIFA itu akan berlangsung di enam kota, yaitu Palembang, Jakarta, Bandung, Solo, Surabaya, dan Bali.

"Saya kira kita semua perlu sosialisasi kepada masyarakat agar kita bisa menjadi tuan rumah yang baik di Piala Dunia U-20 nanti, dan penting juga disampaikan oleh rekan-rekan media," ujar Muhadjir.

Selain soal Piala Dunia U-20 2023, Muhadjir juga memastikan Kemenpora siap menggelar PON 2024 yang digelar di Aceh dan Sumatera Utara.

"Untuk agenda olahraga nasional, kita sudah menyiapkan PON 2024 yang di Aceh dan Sumatera Utara," ujar Muhadjir yang merupakan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan itu.

Piala dunia u-20 Israel Menpora Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.002

Bagikan