Liga 1 2023/2024

Pimpin Persib Vs Persik, Futoshi Nakamura Baru Dianugerahi Wasit Terbaik J League

Frengky AruanFrengky Aruan - Senin, 11 Desember 2023
Pimpin Persib Vs Persik, Futoshi Nakamura Baru Dianugerahi Wasit Terbaik J League
Wasit Futoshi Nakamura memimpin laga Persib Vs Persik. (PSSI)

BolaSkor.com - Liga 1 2023/2024 terbaru dihiasi keterlibatan wasit asal Jepang. Salah satunya yakni Futoshi Nakamura yang memimpin laga Persib Bandung kontra Persik Kediri di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Minggu (11/12).

Selainnya ada juga Yusuke Araki yang menjadi pengadil partai Persita Tangerang melawan Persikabo 1973 di Indomilk Arena, Tangerang.

Mereka datang bagian dari kerja sama PSSI dengan Federasi Sepak Bola Jepang (JFA) untuk meningkatkan kualitas perangkat pertandingan. Mereka tak sekadar memimpin laga, tetapi berkolaborasi dengan wasit lokal.

Baca Juga:

Wasit Jepang Pimpin Dua Laga Liga 1, PSSI Berharap Ada Peningkatan Kualitas

Pengakuan Bojan Hodak Setelah Persib Bandung Kalah dari Persik Kediri

Futoshi Nakamura berstatus Wasit Terbaik J League pada 2023. Pada 5 Desember, ia mendapat penghargaan tersebut dalam J League Awards.

Futoshi Nakamura memulai karier sebagai wasit J2 League pada tahun 2010. Setahun berikutnya ia debut sebagai wasit J1 League.

Pada periode 2017-2020, ia bertanggung jawab atas J2, tetapi pada tahun 2021 ia kembali bertanggung jawab atas J1 dan menjadi wasit profesional pada tahun berikutnya seperti dilaporkan Gekisaka.

Musim ini, ia menjadi wasit di 21 pertandingan J1 League. Ia juga menjadi wasit di final Piala J League YBC Levain 2023, turnamen besar domestik pertamanya.

Futoshi Nakamura menjadi wasit pertama dalam sejarah yang menerima penghargaan tersebut tanpa terdaftar sebagai wasit internasional.

Penghargaan kepada wasit 45 tahun itu tidak sepenuhnya diterima. Mengingat ada kesalahan wasit saat pertandingan Urawa Reds melawan Kyoto Sanga, di mana dirinya menjadi penanggung jawab VAR.

Sementara itu, Yusuke Araki merupakan wasit Japan Football League sejak 2012. Tahun berikutnya ia menjadi wasit J League.

Pada 2023, ia terpilih menjadi wasit Piala Dunia U-20. Selain menjadi wasit dua pertandingan di babak penyisihan grup, ia juga menjadi wasit keempat di babak 16 besar dan perempat final.

Wasit Liga 1 Pssi Persib Bandung Persik kediri Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan