Piala Dunia 2022: Lolos ke 16 Besar, Amerika Serikat Arahkan Fokus Lawan Belanda

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 30 November 2022
Piala Dunia 2022: Lolos ke 16 Besar, Amerika Serikat Arahkan Fokus Lawan Belanda
Timnas Amerika Serikat (Twitter)

BolaSkor.com - Untuk kali kelima sejak 1994 timnas Amerika Serikat sukses mengamankan tiket ke fase gugur Piala Dunia 2022. Tim besutan Gregg Berhalter memastikannya usai menghadapi Iran di laga terakhir grup B.

Amerika menang 1-0 atas Iran di Al Thumama Stadium, Rabu (30/11) dini hari WIB, melalui gol yang dicetak Christian Pulisic di menit 38. Laga berjalan ketat di antara kedua negara dengan 49 persen penguasaan bola Iran dan 51 persen penguasaan bola Amerika.

Amerika pun lolos setelah melalui dua laga sebelumnya dengan hasil imbang. The Yanks lolos dengan raihan lima poin di urutan dua klasemen, di bawah Inggris (tujuh poin), dan akan melawan tim kuat lainnya di 16 besar yaitu Belanda.

Di grup A Belanda finish sebagai pemuncak klasemen di atas Senegal, Ekuador, dan Qatar. Kapten timnas Amerika Serikat, Tyler Adams, menilai laga melawan Belanda akan jadi kans besar timnya untuk mengukur kualitas dan level bermain.

Baca Juga:

7 Fakta Menarik Belanda dan Senegal Lolos ke Babak 16 Besar

Babak 16 Besar Piala Dunia 2022: Inggris Lawan Senegal, Belanda Tantang Amerika Serikat

Piala Dunia 2022: Permainan Belanda Dianggap Membosankan, Louis van Gaal Usir Wartawan

"Peluang besar bagi kami. Ini (Amerika vs Belanda) akan menjadi pertandingan yang luar biasa," kata kapten AS Tyler Adams dikutip dari ESPN.

"Saya pikir kami jelas bermain melawan kompetitor yang bagus di sini. Seperti Inggris, Belanda bisa menjadi favorit lain untuk memenangkan Piala Dunia. Mereka melakukannya dengan sangat baik, bagaimana mereka melewati fase grup turnamen sejauh ini."

Baik Amerika atau Belanda sama-sama tidak berpatisipasi di Piala Dunia 2018 Rusia, meski Belanda finish sebagai runner-up pada 2010 dan tempat ketiga pada 2014. Sementara perjalanan Amerika berakhir di 16 besar pada 2010 dan 2014.

Amerika sudah siap menatap Belanda tetapi Adams menilai, untuk saat ini, skuad Amerika akan menjalani pemulihan dan fokus secara mental sebelum melawan tim arahan Louis van Gaal di Khalifa International Stadium, Sabtu (03/12) pukul 22.00 WIB.

"(Belanda punya) beberapa pemain luar biasa. Kami harus siap untuk pertandingan itu, tapi saya pikir saat ini kami menikmati momen ini, memiliki waktu istirahat untuk bersantai dan memulihkan mental sekarang fokus," tambah Adams.

"Pelatih-pelatih akan datang dengan rencana permainan. Sudah waktunya bagi kami untuk mengeksekusi (menjalankan rencana tersebut)," urai pemain Leeds United berusia 23 tahun tersebut.

Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Amerika Serikat Timnas amerika serikat Belanda Timnas Belanda
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.357

Bagikan