Piala Dunia 1950: Mundurnya Indonesia dan India yang Tanpa Alas Kaki Alias Nyeker

Frengky AruanFrengky Aruan - Senin, 11 Juni 2018
Piala Dunia 1950: Mundurnya Indonesia dan India yang Tanpa Alas Kaki Alias Nyeker
Timnas India tanpa sepatu. (Western India Football Association)

BolaSkor.com - India menjadi salah satu negara Asia yang tentu sangat menyesal tak menghadiri Piala Dunia. Mengingat Piala Dunia kini bak ajang yang diimpikan untuk diikuti.

Menarik ke belakang, India seharusnya menjadi kontestan Piala Dunia 1950 di Brasil. Sesuai hasil drawing, India masuk ke Grup 3 atau C bersama Italia, Paraguay, dan Italia.

Lolosnya India ke Piala Dunia 1950 tak lepas dari penolakan tiga negara Asia lain, yakni Indonesia, Filipina, dan Burma (Myanmar) untuk ikut serta. Ketiga negara mengundurkan diri sebelum babak kualifikasi.

Khusus Indonesia, sebelumnya telah mengikuti Piala Dunia 1938 sesuai diakui FIFA meski saat itu memakai nama Hindia Belanda. Indonesia pun dicatat sebagai negara Asia pertama di Piala Dunia.

Sebagai catatan, FIFA meloloskan dua negara Brasil dan Italia secara otomatis dengan status tuan rumah dan juara bertahan. Tujuh slot diberikan untuk negara Eropa, enam untuk Amerika, dan satu untuk negara Asia.

Satu slot untuk Asia ditentukan melalui Grup 10 Zona Asia, yang diisi India, Indonesia, Filipina, dan Burma. Mundurnya Indonesia, Filipina, dan Burma yang membuat India lolos otomatis.

Piala Dunia 1950 pun mestinya menjadi Piala Dunia pertama buat India. Dan sampai saat ini, India masih belum bisa membayar kegagalan tampil di ajang tersebut.

India tentu akan memberi warna apabila jadi mengikuti Piala Dunia 1950. Mengingat sebelumnya mengejutkan dunia lewat penampilan di Olimpiade London, Inggris 1948.

Mereka tampil memukau di ajang yang digelar setelah merdeka dari Inggris pada 1947. India memang kalah dari Prancis dengan skor 1-2 di putaran pertama yang berlangsung di Stadion Lynn Road, Ilford, London Juli 1948, tapi penampilan mereka di turnamen internasional pertama mendapat pujian.

Paul Dimeo dan James Mill dalam Soccer in South Asia: Empire, Nation, Diaspora seperti dikutip dari HistoriA menjelaskan bahwa India membuat banyak peluang mencetak gol dibanding Prancis. India mendapat ucapan selamat dari ratusan penonton karena sikap sportif di lapangan. India disesalkan kalah, padahal tampil lebih baik.

Yang menarik, India melakoni kiprah tanpa alas kaki alias nyeker. Sebagian hanya memakai kaos kaki dan hal ini yang membuat India menjadi negara paling menarik perhatian pada saat itu.

Persoalan alas kaki ini pula yang selama bertahun-tahun dianggap menjadi alasan India urung mengikuti Piala Dunia 1950. Meski kemudian ada pelurusan.

FIFA menyampaikan kepada India bahwa mereka tak akan diizinkan bermain di Piala Dunia 1950 tanpa alas kaki, yakni sepatu. Tapi benarkah jadi alasan mutlak India urung ikut?

Serba-Serbi Piala Dunia 2018 Piala Dunia Piala Dunia 1950 India Timnas Indonesia
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan