Piala Asia 2023: Kaoru Mitoma Dipanggil Timnas Jepang, Pelatih Brighton Bingung

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 02 Januari 2024
Piala Asia 2023: Kaoru Mitoma Dipanggil Timnas Jepang, Pelatih Brighton Bingung
Kaoru Mitoma (Twitter)

BolaSkor.com - Pada 12 Januari 2024 ajang bergengsi sepak bola Asia, Piala Asia 2023 - yang ditunda setahun - dimulai di Qatar. Timnas Indonesia juga berpatisipasi di grup D bersama Irak, Vietnam, dan Jepang.

Tim yang disebut terakhir merupakan salah satu calon kuat juara. Terlebih, tim arahan Hajime Moriyasu memanggil nama-nama yang berkarier di Eropa seperti Takuma Asano (Bochum), Takefusa Kubo (Real Sociedad), Wataru Endo (Liverpool), dan Kaoru Mitoma (Brighton & Hove Albion).

Nama yang disebut terakhir aksinya dinanti karena ia jadi salah satu pemain top di Premier League. Pemain berusia 26 tahun sudah menorehkan tiga gol dan enam assists dari 24 laga di seluruh kompetisi musim ini.

Permasalahannya, Mitoma sedang cedera bersama klubnya Brighton dan ia tetap dipanggil Moriyasu ke timnas Jepang. Hal itu yang membuat pelatih Brighton, Roberto De Zerbi, bingung.

Baca Juga:

Absen Lama karena Cedera, Ivar Jenner Tak Sabar Comeback di Piala Asia 2023

Sebut Timnas Indonesia Punya Kans, Rafael Struick Tak Gentar Bersaing dengan Jepang dan Irak

Timnas Indonesia Tunjukkan Perkembangan, Pemain Makin Optimistis Hadapi Piala Asia

Menurut pelatih asal Italia tersebut, tim medis Brighton menilai Mitoma cedera dan butuh waktu pemulihan empat hingga enam pekan. Kendati demikian, De Zerbi tetap tidak melarang Mitoma tampil di Piala Asia.

"Saya sangat terkejut karena staf medis saya memberi tahu saya bahwa Mitoma memerlukan empat, enam minggu untuk cederanya," papar De Zerbi soal Mitoma dilansir dari BBC Sport.

"Bagi saya, sulit membayangkan dia bisa bermain di Piala Asia. Tetapi saya adalah penggemar Mitoma, dari semua pemain saya, jadi jika mereka bisa bermain untuk tim nasionalnya, saya sangat senang dan bangga."

Sementara itu, Moriyasu berharap Mitoma pulih sebelum laga pertama Jepang di Piala Asia 2023 melawan Vietnam, Minggu (14/01) pukul 18.30 WIB.

"Saya tidak tahu apakah (Mitoma) akan siap untuk pertandingan pertama, tapi dia pulih dengan baik dan saya berharap dia bisa tersedia pada tahap awal," pungkas Moriyasu.

Piala Asia 2023 Timnas Jepang Kaoru Mitoma Brighton Piala Asia
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.181

Bagikan