Piala Afrika 2021: Pelatih Nigeria Beberkan Kunci Sukses Matikan Mo Salah

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 12 Januari 2022
Piala Afrika 2021: Pelatih Nigeria Beberkan Kunci Sukses Matikan Mo Salah
Mohamed Salah (Twitter)

BolaSkor.com - Timnas Nigeria memulai Piala Afrika 2021 dengan baik melawan salah satu tim kuda hitam, Mesir. Pada laga pertama grup D yang dihelat di Roumde Adjia Stadium, Selasa (11/01) malam WIB, Nigeria menang 1-0 atas Mesir.

Dengan semangat kolektivitas bermain, tim arahan Augustine Eguavoen mampu meraih kemenangan dengan gol yang dicetak Kelechi Iheanacho di menit 30. Tak hanya itu, mereka membuat Mesir mati kutu dengan hanya empat percobaan tendangan (dua tepat sasaran) meski mendominasi penguasaan bola 57 persen.

Salah satu kunci keberhasilan Nigeria menaklukkan Mesir adalah mematikan bintang Liverpool, Mohamed Salah. Pemain berusia 29 tahun telah mencetak 23 gol dan memberikan sembilan assists dari 26 laga di seluruh kompetisi bersama Liverpool.

Mesir dan Liverpool jelas berbeda dari segi kualitas skuad serta pelatih, tapi Mo Salah tetaplah pemain dengan kualitas di atas rata-rata yang dapat jadi bintang di Piala Afrika 2021.

Baca Juga:

Kesialan Aubameyang Berlanjut ke Piala Afrika

Piala Afrika 2021: Turnamen yang Tak Dapat Respek dari Publik

Liverpool Gerak Cepat Cari Pengganti Salah dan Mane

Eguavoen tahu itu. Tak ayal ia membeberkan kunci keberhasilan Nigeria memenangi laga atas Mesir, termasuk menghentikan Mo Salah dengan terinspirasi basket yang disukai oleh Eguavoen.

“Dalam hal persiapan dan strategi, kami memiliki rencana khusus untuk Mohamed Salah karena kami tahu kualitasnya,” papar Eguavoen kepada BBC Sport Africa.

“Bola basket adalah salah satu permainan yang sangat saya sukai. Ketika Anda bermain melawan pemain seperti Allen Iverson, Michael Jordan, dan lainnya jika Anda tidak bermain ganda, Anda akan mendapatkan masalah."

“Itu adalah strategi yang sama yang saya bawa ke sepak bola. Jadi ketika Mo Salah menguasai bola, pemain terdekat pergi kepadanya dan pemain berikutnya harus bekerja sama untuk membuatnya bermain kembali.

“Itu bekerja untuk kami seperti 80 persen, tetapi Salah melepaskan satu atau dua kesempatan yang normal, tetapi sekali lagi selamat kepada para pemain karena mereka sangat cerdas," puji Eguavoen.

Pada laga berikutnya Nigeria akan melawan Sudan, Sabtu (15/01) pukul 23.00 WIB di Roumde Adjia Stadium. Di laga pertama melawan Guinea-Bissau, Sudan bermain imbang tanpa gol dan meraih satu poin.

Breaking News Piala Afrika Mohamed salah Nigeria Timnas nigeria
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.127

Bagikan