Timnas Indonesia

Piala AFF Bukan Target Erick Thohir, Timnas Indonesia Diminta Kejar Prestasi di Asia

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Minggu, 07 April 2024
Piala AFF Bukan Target Erick Thohir, Timnas Indonesia Diminta Kejar Prestasi di Asia
Starting Timnas Indonesia Vs Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3) malam WIB. (BolaSkor.com/Paulus Dwi Arde)

BolaSkor.com - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, secara terbuka menyebut kalau Piala AFF bukan lagi jadi target Timnas Indonesia. Lantas apa target dari Erick untuk Skuad Garuda?

Kepada awak media, Erick Thohir mengatakan PSSI sedang fokus membangun kekuatan Timnas Indonesia supaya bisa mencapai 100 besar, bahkan top 50 di pemeringkatan FIFA.

Saat ini, Timnas Indonesia menempati peringkat 134 dengan mengumpulkan 1102,7 poin. Skuad Garuda naik delapan tingkat dari posisi sebelumnya berkat tambahan 30,04 poin yang didapat dari dua kemenangan melawan Vietnam pada lanjutan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

"Hari ini peringkat dulu ya. Kan tidak mungkin peringkat 100 juara Piala Asia. Itu (peringkat) 50-an ke bawah untuk juara Asia," kata Erick Thohir.

"Kembali, ini yang saya tawarkan kepada nanti Liga (PT Liga Indonesia Baru), Exco (Komite Eksekutif), dan stakeholder. Jangan debat kusir di udara yang nanti membingungkan persiapan semua," tambahnya.

Baca Juga:

Erick Thohir Puji Calvin Verdonk, Bantah Akan Naturalisasi Ole Romeny

Timnas Indonesia Melesat Naik di Ranking FIFA, Erick Thohir: Ayo Kerja Keras Lagi!

Erick kemudian mengklasifikasi turnamen-turnamen atau ajang yang akan diikuti Timnas Indonesia, baik kelompok senior maupun usia muda. Contohnya, SEA Games menjadi fokus PSSI untuk kelompok U-23, sedangkan di Asian Games, PSSI akan mengirimkan tim yang lebih muda.

"Lalu di AFC (Piala Asia) senior dan U-23 kita harus serius, di AFF sebagai trial saja," tutur mantan presiden Inter tersebut.

Erick kemudian mengingatkan semua pihak untuk tidak larut dalam euforia lonjakan peringkat Timnas Indonesia pada bulan April ini. Sebab, target mencapai 100 besar masih cukup jauh.

"Saya dari awal ingin finis di 100 besar, tapi hari ini saya berada di peringkat 134. Semua orang ingin punya tujuan terbaiknya, so what?"

"Jangan menjadi tinggi terlalu puas dan ini baru naik delapan tingkat dan bahkan kita belum genap 100, ambisius? Itulah saya," ujar menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut.

Timnas Indonesia Pssi Erick thohir Piala Asia Piala aff Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.473

Bagikan