Phil Foden, Anak Emas Baru Pep Guardiola setelah Sergio Busquets?

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 21 April 2022
Phil Foden, Anak Emas Baru Pep Guardiola setelah Sergio Busquets?
Phil Foden (Twitter)

BolaSkor.com - Keputusan Phil Foden untuk bertahan di saat rekannya di akademi Manchester City seperti Jadon Sancho, Brahim Diaz, Eric Garcia pergi terbukti jadi keputusan tepat. Kesabarannya membuahkan hasil.

Foden melangkah secara bertahap dari produk akademi yang berbakat, pelapis David Silva, hingga pada akhirnya mendapatkan kepercayaan dari Pep Guardiola untuk bermain di tim utama.

Pada usia 21 tahun Foden sudah punya tiga titel Premier League, satu Piala FA, dan tiga Piala Liga dalam CV-nya sebagai pemain profesional.

Foden kembali dipercaya ketika Man City menjamu Brighton & Hove Albion di laga tunda Premier League di Etihad Stadium, Kamis (21/04) dini hari WIB. City menang 3-0 dan Foden mencetak satu gol, dua gol lainnya dicetak Riyad Mahrez dan Bernardo Silva.

Baca Juga:

Hasil Pertandingan: Chelsea Tumbang, Madrid dan Man City Kukuh di Puncak, Juventus ke Final

Manchester City Goda Haaland dengan Gaji Selangit

Manchester City Tertarik dengan Rafael Leao, Milan Pasang Harga Rp1 Triliun

Kini Foden sudah memainkan total 93 laga di Premier League (43 kali sebagai pemain pengganti) di bawah arahan Guardiola. Rekor baru pun ditorehkan pemain timnas Inggris di bawah asuhan pelatih dari Spanyol tersebut.

Dikutip dari Goal, Foden menjadi pemain termuda yang bermain 50 kali sebagai starter di bawah asuhan Guardiola, melewati rekor gelandang Barcelona Sergio Busquets. Foden pada usia 21 tahun 327 hari dan Busquets pada usia 22 tahun 120 hari.

Dengan catatan itu juga Foden mencatatkan 50 starter termuda di bawah asuhan seluruh manajer di Man City, sejak Joe Hart pada Januari 2009. Dalam kariernya sejauh ini Foden sudah punya 23 gol di Premier League dan 11 assists.

"Dengan Foden, dia sudah menjadi pemain sepak bola (top). Kami tidak pernah meragukan kualitasnya. Kami tahu itu. Sejak dia datang untuk bermain bersama kami, dia selalu luar biasa," ucap Guardiola soal Foden pada 2021.

Busquets (33 tahun) bertahan di Barcelona sejak ia promosi pada 2008. Dapatkah Foden mengikuti jejak Busquets di Man City? Hanya waktu yang dapat menjawabnya.

Manchester City Phil Foden Premier League
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.229

Bagikan