Piala Asia 2023

Petik Pelajaran di Piala Asia 2023, Rafael Struick Merasa Terhormat Bertemu Jepang

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Kamis, 25 Januari 2024
Petik Pelajaran di Piala Asia 2023, Rafael Struick Merasa Terhormat Bertemu Jepang
Rafael Struick saat berduel dengan salah satu pemain Jepang. (PSSI)

BolaSkor.com - Penyerang Timnas Indonesia, Rafael Struick, merasa beruntung bisa mendapatkan kesempatan tampil di Piala Asia 2023. Melalui pengalaman itu, Rafael yakin kemampuannya akan terus berkembang.

Di Piala Asia 2023, Rafael berkesempatan menghadapi Irak, Vietnam, dan Jepang, yang kekuatan dan kualitasnya di atas Indonesia. Khusus terkait Jepang., Rafael merasa terhormat bisa melawan mereka.

Sebab, Jepang diperkuat oleh pemain-pemain yang merumput di liga-liga top Eropa, bahkan mereka menjadi andalan bagi klubnya masing-masing.

Sebut saja Takehiro Tomiyasu (Arsenal), Wataru Endo (Liverpool), Takefusa Kubo (Real Sociedad), Reo Hatate (Celtic), Ritsu Doan (Freiburg), Keito Nakamura (Reims) dan Ayase Ueda (Feyenoord).

Mereka semua tampil saat Jepang mengalahkan Timnas Indonesia 3-1 pada laga terakhir Grup D, Rabu (24/1). Bahkan, Ayase Ueda mencetak dua gol di laga tersebut.

"Buat saya sangat bagus bisa melawan pemain-pemain hebat seperti mereka, salah satu yang terbaik di dunia. Suatu kehormatan bisa bermain melawan mereka, jadi kami bisa mendapatkan pelajaran dari pertandingan ini," kata Rafael.

Baca Juga:

Dikalahkan Jepang, Nasib Timnas Indonesia Bergantung Bahrain dan Oman

Dikalahkan Irak, Vietnam Pulang dengan Tangan Hampa

Terkait kekalahan dari Jepang, Rafael menjelaskan bahwa Timnas Indonesia sudah berusaha menampilkan yang terbaik. Pemain Ado den Haag itu yakin ke depannya Skuad Garuda akan terus berkembang menjadi lebih baik.

"Kami bermain dengan menunjukkan semangat tinggi dan bisa mendapatkan beberapa peluang. Agak disayangkan dengan penalti itu, tapi kami sudah melakukan yang terbaik."

"Mereka (Jepang) adalah tim yang kuat dengan pemain-pemain bagus. Kami bisa lebih baik lagi, kami adalah tim yang masih mudah, jadi saya pikir ke depannya kami akan bisa lebih bersaing," ujar Rafael.

Timnas Indonesia mengakhiri babak penyisihan grup di peringkat tiga Grup D dengan tiga poin. Skuad Garuda masih berpeluang ke 16 besar lewat jalur empat tim peringkat tiga terbaik, meskipun hal itu bergantung pada hasil pertandingan Yordania melawan Bahrain (Grup E) dan Kirgistan kontra Oman (Grup F) malam nanti.

Bahrain harus kalah dari Yordania 0-2. Sementara itu, laga Kirgistan dan Oman berakhir imbang. Sampai Kamis (25/1) siang ini, empat dari dua tiket via jalur peringkat tiga terbaik sudah diamankan oleh Suriah (Grup B) dan Palestina (Grup C). Kedua tim tersebut sama-sama mengumpulkan 4 poin.

Timnas Indonesia Timnas Jepang Rafael Struick Piala Asia Piala Asia 2023 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.312

Bagikan