Pertama Sulit Dilupa, Andres Iniesta Kenang Debut di LaLiga 20 Tahun Lalu

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Jumat, 23 Desember 2022
Pertama Sulit Dilupa, Andres Iniesta Kenang Debut di LaLiga 20 Tahun Lalu
Andres Iniesta (LaLiga)

BolaSkor.com - Berhasil memenangi gelar sembilan kali dalam kariernya, Andres Iniesta adalah legenda sepanjang masa bagi LaLiga. Kembali ke 21 Desember 2002, kisahnya di liga Spanyol dimulai saat pemain berusia 18 tahun itu mencatatkan debutnya di LaLiga untuk FC Barcelona di RCD Mallorca. Saat itu, Barca sedang berjuang keras dan duduk di urutan ke-13 klasemen, tetapi Louis van Gaal memercayai lulusan La Masia itu dan hal itu terbayarkan.

Klub Catalan berhasil menang 4-0 dengan Patrick Kluivert mencetak hat-trick dan satu gol lainnya dicetak oleh Marc Overmars. Iniesta muda juga menjadi kunci kemenangan, dan keesokan paginya surat kabar Mundo Deportivo menggambarkan performa Iniesta dengan “spektakuler”.

Surat kabar itu menambahkan: “Ia tahu bagaimana bermain dengan dan tanpa bola. Ia menyerang dan bertahan. Kluivert dan Overmars harus berterima kasih padanya atas semua umpan kuncinya.”

Sebelum pertandingan di Mallorca tersebut, Iniesta telah membuat satu penampilan untuk FC Barcelona di babak grup Liga Champions saat bertandang ke Club Brugge dengan kemenangan 1-0. Meski begitu, debutnya di LaLiga sangatlah spesial.

Baca Juga:

Daripada Manchester United, Chelsea Lebih Berpeluang Datangkan Frenkie de Jong

Frenkie De Jong Mau Bertahan 10 Tahun Lagi di Barcelona

Frenkie De Jong Jual Mahal, Manchester United Alihkan Pandangan ke Gelandang Benfica

Iniesta mengenang kembali hari tersebut 20 tahun lalu: “Saya sangat bersemangat tentang hal itu. Beberapa minggu sebelumnya, saya telah melakukan debut di Liga Champions. Namun, hari itu di Mallorca, impian masa kecil saya yang lain menjadi kenyataan. Selain itu, hari itu tim memenangkan pertandingan pada saat kami benar-benar membutuhkannya.”

Tidak ada keraguan bagi Iniesta bahwa hari debutnya di LaLiga adalah salah satu yang terpenting dari seluruh kariernya, bahkan setelah perjalanan dengan lebih dari 30 trofi dan gol kemenangan di final Piala Dunia.

Sebagaimana yang dikatakan sang gelandang tengah: "Mencatatkan debut mungkin adalah momen terpenting dalam karier Anda, karena Anda dapat menikmati semua yang telah Anda kerjakan dengan sangat keras. Itu adalah momen yang unik. Anda tidak tahu kapan momen itu akan datang dan bahkan tidak tahu apakah itu akan pernah datang."

"Itulah mengapa memiliki kesempatan untuk melakukan debut saya untuk Barça di LaLiga sungguh luar biasa. Dan terlebih lagi, saya memulai debutnya di klub yang telah menyambut saya sebagai seorang anak dan dimana tidak semuanya sesederhana kelihatannya. Kini, 20 tahun kemudian, saya masih ingat hari istimewa itu."

Ia melanjutkan: “Tanpa hari itu, tidak satu pun dari apa yang saya alami sesudahnya akan terjadi. Itu adalah awal dari segalanya. Itu mengapa saya mengatakan bahwa hari itu adalah salah satu momen terpenting dalam karir sepak bola saya. Anda membutuhkan seseorang untuk menawarkan kesempatan itu kepada Anda, tetapi yang terpenting adalah bersiap untuk memanfaatkannya sebaik mungkin, karena Anda tidak pernah bisa menebak kapan hari itu akan tiba.”

Iniesta jelas memanfaatkan kesempatannya sebaik mungkin, sehingga dia dimainkan di empat pertandingan Barcelona berikutnya. Tidak butuh waktu lama, ia juga berhasil menjadi starter rutin di lini tengah Blaugrana dan membuat total 442 penampilan di LaLiga, mencetak 35 gol, dan menjuarai LaLiga pada musim 2004/05, 2005/06, 2008/09, 2009/10, 2010/11, 2012/13, 2014/15, 2015/ 16, dan 2017/18.

Semua kesuksesan itu dimulai dengan debut malam itu di Mallorca, Iniesta masih memiliki jersey yang dia kenakan dalam pertandingan itu, menyimpannya sebagai barang berharga. Sebagaimana yang ia jelaskan: “Saya menyimpannya di rumah. Itu salah satu kenang-kenangan terpenting yang saya miliki. Saya menyimpannya dengan jersey lain, tetapi yang ini sangat istimewa karena itu yang memulai segalanya.”

Barcelona Breaking News LaLiga Andres Iniesta
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.532

Bagikan