Persipura Terancam Tak Ikut Piala AFC 2021, Jatah Indonesia Bisa Hangus

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Jumat, 08 Januari 2021
Persipura Terancam Tak Ikut Piala AFC 2021, Jatah Indonesia Bisa Hangus
Piala AFC (Istimewa)

BolaSkor.com - Manajemen Persipura Jayapura telah memutuskan untuk membubarkan tim lantaran masalah finansial. Persipura memutuskan bubarkan tim karena sponsor utamanya, Bank Papua tak lagi mencairkan dana yang padahal dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan klub.

Ketua Umum Persipura, Benhur Tomi Mono, mengaku sampai dengan saat ini, belum tahu kapan aktivitas tim akan dilakukan kembali. Persipura pun terancam tak bisa ikut Piala AFC 2021.

"Sampai kapan? Sampai kita dapat dukungan sponsor yang jelas dan pasti. Kami sangat sayangkan situasi ini, padahal kita punya kesempatan untuk berlaga di Piala AFC 2021, karena tidak mungkin kita paksakan tim berjalan tanpa membayar gaji pemain, pelatih dan ofisial," ucap Benhur.

Baca Juga:

Liga 1 Tak Jelas dan Krisis Finansial, Persipura Bubar

Persipura Siapkan Stadion Mandala untuk Piala AFC 2021

Persipura akan berlaga di Piala AFC 2021 di mana membutuhkan dana yang tidak sedikit seperti membayar gaji pemain, pelatih, dan ofisial tim. Andai tak berlaga di Piala AFC 2021, PSSI dan Bali United akan menjadi pihak yang dirugikan.

Dari regulasi yang dalam Piala AFC 2021, PSSI akan disanksi dan perwakilan federasi akan dihapus jika salah satu wakilnya yang berhak tampil tidak mengambil jatah itu.

"Jika klub yang memenuhi syarat untuk tampil di kejuaraan klub AFC, punya lisensi, dan lolos kriteria keolahragaan, slot yang dialokasikan Asosiasi Member (PSSI) akan dibatalkan, apakah itu slot tampil langsung atau slot tak langsung (kualifikasi)," tulis Pasal 9.11 dalam Entry Manual for AFC Club Competition 2021.

Terkait dengan masalah ini, pelatih Persipura, Jacksen F Tiago mengaku tidak tahu soal timnya tak akan mengambil jatah tampil di Piala AFC 2021. Ia belum mendengar kabar dari manajemen.

"Mohon maaf saya baru tahu kabar itu dari media. Tidak banyak yang bisa saya ceritakan. Kalau sampai kapan dibubarkan, semua sudah jelas kan di pengumuman itu. Termasuk soal Piala AFC, saya baca juga begitu," kata Jacksen ketika dihubungi oleh awak media.

Piala AFC Persipura jayapura Breaking News Benhur tommy mano Liga 1
Posts

4.871

Bagikan