Liga 1

Persib Belum Bisa Menang Lawan Bali United, Bojan Hodak Sorot Wasit Kurang Edukasi

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Selasa, 19 Desember 2023
Persib Belum Bisa Menang Lawan Bali United, Bojan Hodak Sorot Wasit Kurang Edukasi
Persib Bandung. (Persib.co.id)

BolaSkor.com - Persib Bandung masih kesulitan kalahkan Bali United. Kali ini, tim berjulukan Maung Bandung ini hanya mampu bermain imbang 0-0 di laga yang digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Senin (18/12).

Pelatih Persib Bandung, Bojan Hodak menilai ini pertandingan yang bagus. Sebab kedua tim merupakan tim penghuni dua dan tiga di papan klasemen sementara Liga 1 2023/2024.

“Pertandingan ini seperti sebuah derby, atmosfernya bagus dan laga yang ketat. Kedua tim saya rasa bermain dengan bagus,” ungkap Bojan Hodak usai pertandingan.

Pelatih asal Kroasia ini juga merasa kedua tim sama-sama memiliki peluang untuk menciptakan gol. Namun, hingga peluit panjang dibunyikan, tidak ada satu gol yang berhasil disarangkan.

“Kiper dari masing-masing tim juga melakukan penyelamatan yang bagus. Pada akhirnya, menurut saya ini menjadi hasil yang adil,” katanya.

Baca Juga:

Hasil Liga 1: Laga Sempat Dihentikan, PSM Curi Poin dari Kandang Persik

Cedera, Rachmat Irianto Batal Ikut TC Timnas Indonesia di Turki

Bojan Hodak berpendapat satu-satunya yang kalah dalam pertandingan tersebut, hanyalah wasit. Menurutnya, sang pengadil lapangan tidak mengerti dengan permainan.

“Saya rasa kalian bisa melihatnya. Siapa yang lebih baik? Meski saat itu kami kalah. Itu alasan kenapa saya berkata, wasit hari ini yang 'kalah'. Tetapi, tidak bisa selamanya menyalahkan wasit. Kalian tahu apa masalahnya? Edukasi,” ucapnya.

Pelatih berkepala plontos ini membandingkan wasit Indonesia dengan wasit Jepang yang pernah memimpin pertandingan saat Persib Bandung melawan Persik Kediri. Saat itu pertandingan ditangani wasit bernama Futoshi Nakamura.

“Wasit dari Jepang memiliki edukasi yang lebih baik dari wasit Indonesia, jadi tidak bisa langsung menjadi wasit yang top. Memang menjadi wasit harus memiliki talenta, sama seperti pesepak bola. Tapi tentu dibutuhkan edukasi. Pemain, pelatih dan wasit sama, perlu diedukasi lebih dini sehingga menjadi lebih baik,”

“Di Indonesia, banyak pemain bertalenta tetapi mereka terlambat memulai bermain. Tidak ada kompetisinya. Seperti anak saya sudah mulai bermain sejak usianya delapan tahun di Eropa. Sedangkan di Indonesia baru dimulai di usia 15-16, tidak ada laga yang kompetitif, jadi kurang untuk anak-anak 8 hingga 10 tahun. Intinya adalah pengalaman, ini sama halnya dengan wasit,” tegasnya.

Dengan hasil imbang ini, Persib Bandung memperpanjang rekor tak pernah menang dari Bali United sejak musim 2017 silam.

Hasil imbang ini juga membuat Persib Bandung gagal menggeser Bali United yang berada di peringkat dua klasemen sementara. Kedua tim masih berselisih satu poin. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)

Bali United Persib Bandung Bojan Hodak Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.022

Bagikan