Persebaya Minta Pembatasan Pemain untuk Timnas U-23 di Piala AFF U-23

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Sabtu, 29 Januari 2022
Persebaya Minta Pembatasan Pemain untuk Timnas U-23 di Piala AFF U-23
Marselino Ferdinan menjalani debut bersama Timnas Indonesia. (PSSI)

BolaSkor.com - Persebaya Surabaya mengonfirmasi enam pemainnya dipanggil ke Timnas Indonesia U-23 untuk Piala AFF U-23 2022 di Kamboja, 14 Februari mendatang. Keenam pemain itu adalah Marselino Ferdinan, Ernando Ari Sutaryadi, Rizky Ridho, Rachmat Irianto, Koko Ari Araya, dan Akbar Firmansyah.

Belum lagi ada Ricky Kambuaya yang mengisi slot pemain di Timnas Indonesia Senior bersama Marselino Ferdinan, Ernando Ari Sutaryadi, Rizky Ridho, dan Rachmat Irianto.

Para pemain ini dipanggil pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong untuk Laga FIFA Macthday melawan Timor Leste di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, 27 dan 30 Januari. Satu pertandingan sudah dilewati dengan kemenangan 4-1 untuk Skuat Garuda.

Banyaknya pemain yang dipanggil ke Timnas Indonesia, membuat Persebaya gusar. Apalagi, para pemain yang dipanggil merupakan penggawa inti.

Pasalnya, Persebaya sedang bersaing dengan Bhayangkara FC, Arema FC, Dan Bali United dalam perebutan gelar juara. Persebaya di posisi keempat klasemen sementara dengan 41 poin dari 21 laga.

Baca Juga:

Satu Pemain PSM dan Tiga Penggawa Persebaya Positif COVID-19

Marselino Pantang Pongah Usai Lakoni Debut di Timnas Indonesia

Presiden Persebaya, Azrul Ananda, meminta PSSI untuk membatasi pemanggilan pemain ke Timnas Indonesia U-23 untuk Piala AFF U-23 2022. Apalagi, Piala AFF U-23 bergulir hampir satu bulan penuh dari 14-24 Februari. Ditambah ini merupakan bukan agenda resmi FIFA, meski Indonesia datang sebagai juara bertahan.

”Di satu sisi, kami bangga pemain-pemain muda binaan Persebaya jadi andalan dan selalu jadi pilihan di Timnas. Di sisi lain, kami tentu keberatan dan menolak kalau terus menerus pemain kami yang diambil paling banyak,” kata Azrul Ananda, dalam rilis yang diterima BolaSkor.com.

”Ini merugikan tim-tim yang justru melakukan investasi dan pembinaan dengan baik," tambahnya.

Persebaya memang menjadi penyumbang pemain ke Timnas Indonesia sejauh ini mulai dari Piala AFF 2020. Terhitung empat pemain disumbangkan ke Timnas Indonesia, yakni Ernando Ari Sutaryadi, Rizky Ridho, Ricky Kambuaya, dan Rachmat Irianto.

”Sementara klub lain dengan mudah mengambil saja pemain-pemain naturalisasi dan minim investasi di pembinaan.

Harus ada jalan keluar lebih baik mengenai masalah fundamental sistem sepak bola di negara kita ini,” lanjutnya.

Persebaya dikenal sebagai pencetak pemain muda berbakat sejauh ini. Ernando Ari merupakan kiper berusia 20 tahun.

Ada Rizky Ridho yang juga berusia 20 tahun. Belum lagi Marselino Ferdinan yang masih berusia 17 tahun.

Persebaya surabaya Timnas Indonesia Timnas indonesia u-23 Piala AFF U-23 Breaking News Azrul Ananda
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.041

Bagikan