Timnas Indonesia

Perpindahan Federasi Justin Hubner dalam Proses, Berpeluang Tampil di Piala Asia 2023

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Senin, 11 Desember 2023
Perpindahan Federasi Justin Hubner dalam Proses, Berpeluang Tampil di Piala Asia 2023
Justin Hubner saat disumpah di Kantor Wilayah Kemenkumham RI. (PSSI)

BolaSkor.com - Bek Wolverhampton Wanderers U-21, Justin Hubner, berpeluang memperkuat Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Turnamen sepak bola paling bergengsi di Benua Kuning itu akan digelar di Qatar mulai 12 Januari sampai 10 Februari 2024.

Pasalnya, syarat perpindahan federasi Justin Hubner dari KNVB (Belanda) ke PSSI (Indonesia) sedang diproses. PSSI diketahui sudah berkirim surat ke Komite Status Pemain FIFA terkait Justin Hubner.

"Kami sedang menunggu surat pimpinan federasinya (Belanda, KNVB) ke FIFA," kata anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, Senin (11/12).

Justin Hubner dikabarkan masuk dalam entry by name yang diserahkan PSSI pada Minggu (10/12) ke AFC. Total, ada 50 pemain dalam daftar tersebut.

Justin bisa dimasukkan dalam daftar tersebut karena sudah mengantongi paspor Indonesia. Dia disumpah sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) pada Rabu (6/12) di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta.

Baca Juga:

Presiden Jokowi Terbitkan Keppres, Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On Selangkah Lagi Jadi WNI

Ragnar Oratmangoen Menanti Momen Reuni dengan Jay Idzes di Timnas Indonesia

"Jadi ini adalah proses-proses naturalisasi," ujar Arya Sinulingga.

Sementara itu, dua pemain keturunan lainnya, Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On hampir dipastikan absen di Piala Asia 2023. Pasalnya, kedua pemain tersebut belum mengambil sumpah setia sebagai WNI.

Sebelumnya, pada Senin (4/12), Komisi III dan Komisi X DPR-RI merestui permohonan pemberian kewarganegaraan Indonesia untuk Jay dan Nathan yang diajukan PSSI melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI).

Keesokan harinya, atau pada Selasa (5/12), keputusan dari Komisi III dan Komisi X itu disahkan melalui sidang paripurna yang dihadiri pimpinan dan anggota DPR-RI. Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga sudah menerbitkan keputusan presiden atau Keppres terkait pemberian kewarganegaraan Indonesia untuk Jay dan Nathan.

"Kita tinggal menunggu waktu yang dimiliki Jay dan Nathan untuk bisa ke Indonesia mengambil sumpah. Setelah itu, KTP dan Paspor akan diurus juga, sama seperti Justin Hubner," tutur Arya Sinulingga.

Timnas Indonesia Justin Hubner Pssi Knvb Arya Sinulingga Piala Asia Piala Asia 2023 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.312

Bagikan