Perkenalkan Kompetisi Terbaru UEFA, Conference League

Budi Prasetyo HarsonoBudi Prasetyo Harsono - Rabu, 25 September 2019
Perkenalkan Kompetisi Terbaru UEFA, Conference League
UEFA. (Twitter)

BolaSkor.com - UEFA mengumumkan kompetisi antarklub terbaru di Eropa, Conference League. Nantinya, ajang tersebut akan menjadi kasta ketiga di sepak bola benua biru.

Pada masa lalu, UEFA menggelar banyak turnamen, yaitu Piala Champions (sekarang Liga Champions), Piala Fairs (menjadi Piala UEFA dan sekarang Liga Europa), Piala Winners, dan Piala Intertoto.

Kini, hanya dua dari ajang tersebut yang masih berjalan. Liga Champions sebagai kompetisi paling bergengsi di Eropa dan Liga Europa yang masih memiliki gengsi tersendiri.

Rupanya UEFA masih merasa kurang dengan adanya dua kompetisi tersebut. Dengan demikian mereka menggodok format untuk mengadakan turnamen antarklub baru.

Lahirlah Conference League, kompetisi yang menjadi bagian paling bawah dalam rantai kompetisi UEFA. Ajang ini sendiri baru akan digelar pada 2021 atau dua tahun mendatang.

Baca Juga:

Tiga Kandidat Utama Peraih Penghargaan Pemain Terbaik Eropa 2019

Soal Ballon d'Or, Virgil van Dijk Justru Jagokan Lionel Messi

Tujuan UEFA mengadakan kompetisi ini adalah agar makin banyak negara yang bisa bermain di ajang antarklub Eropa. Artinya, kemungkinan negara-negara kecil justru mendapat banyak jatah di Conference League.

Diperkirakan bakal ada delapan grup yang masing-masing diisi empat klub. Nantinya kompetisi peringkat satu sampai lima di UEFA berhak mengirimkan masing-masing satu wakil ke Conference League.

Sementara itu, kompetisi peringkat enam hingga 54 ranking UEFA mendapat jatah masing-masing dua atau tiga wakil. Dengan demikian, Conference League memang diperuntukan untuk mereka yang kesulitan bersaing di Eropa.

Nantinya pemenang dari Conference League akan menerima hadiah lumayan menarik. Mereka mendapatkan jalur khusus untuk tampil di Liga Europa musim selanjutnya.

UEFA Conference League Breaking News
Ditulis Oleh

Budi Prasetyo Harsono

Falling in love with the beauty of football because of Alessandro Del Piero and Paolo Maldini. Part time musician, full time journalist.
Posts

5.618

Bagikan