Perkembangan Teknologi MotoGP Bikin Pembalap Semakin Menderita

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Kamis, 17 Agustus 2023
Perkembangan Teknologi MotoGP Bikin Pembalap Semakin Menderita
Joan Mir (twitter)

BolaSkor.com – Tidak selamanya para pembalap merespons perkembangan teknologi MotoGP dengan jawaban positif. Ada kalanya rider justru memberikan komentar negatif.

Hal ini dibuktikan melalui kritik tajam yang dilayangkan Joan Mir. Pembalap Repsol Honda ini mengaku tidak terlalu senang dengan kehadiran inovasi canggih yang dibenamkan pada motor era kini.

Salah satu hal yang disorot adalah permasalahan overtaking. Pasalnya semenjak kehadiran teknologi-teknologi canggih seperti komponen elektronik pintar, alat pengatur ketinggian, aerodinamika, dan sensor tekanan ban, para pembalap semakin sulit menyalip lawan-lawannya.

“Lebih sulit dibandingkan musim-musim sebelumnya untuk melakukan overtake. Setiap waktu semakin susah, inilah yang terjadi,” tutur Mir, dilansir dari crash.net.

“Padahal sebelumnya mudah untuk menyalip. Karena saat keluar tikungan, kamu bisa membuat perbedaan menggunakan gaya balap masing-masing, ketika mengejar motor lain,” lanjut peraih gelar juara musim 2020 ini.

Tidak hanya itu saja, kehadiran teknologi-teknologi canggih ini juga mampu menumpulkan skill para pembalap dalam mengatur konsumsi ban. Sebab mereka tidak perlu lagi memikirkan strategi jitu demi mencegah degradasi ban.

“Benar dan juga konsumsi ban setiap kali dengan elektronik menjadi berkurang. Sekarang hampir semua balapan kondisi ban bisa berada dalam 100 persen. Untuk alasan pertunjukkan, ini bukan hal yang baik,” jelas rekan satu tim Marc Marquez ini.

“Sebelumnya saya ingat, hal baiknya adalah jika kamu menekan terlalu banyak di awal balapan, maka kamu harus mengontrol keausan ban jelang selesainya balapan. Bagi penonton, itu sangat seru. Sekarang tidak, hanya perlu tancap gas,” tandas Mir.

Penulis: Bintang Rahmat

Motogp Joan Mir Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.125

Bagikan