Perjuangan 'Mengandung Bawang' Bou Samnang Mendapat Apresiasi Raja hingga PM Kamboja

Frengky AruanFrengky Aruan - Kamis, 11 Mei 2023
Perjuangan 'Mengandung Bawang' Bou Samnang Mendapat Apresiasi Raja hingga PM Kamboja
Seorang atlet putri Kamboja yakni Bou Samnang. (Khmer Times)

BolaSkor.com - Seorang atlet putri Kamboja yakni Bou Samnang yang turun dalam nomor 5.000 meter atletik mendapat sorotan. Hal ini tak lepas dari perjuangannya untuk tetap finis.

Pada Senin (8/5), Bou Samnang turun dalam perlombaan. Ia bersaing dengan sembilan atlet dari negara lain termasuk satu kompatriotnya Run Romdul.

Samnang berlari seperti biasa setelah start, namun lama kemudian tertinggal dari pesaing. Seperti digambarkan Khmer Times, Bou Samnang kemudian melihat bahwa dirinya berada di belakang semua pesaing. Pada saat yang sama, ia melihat pelari Vietnam Thi Oanh Nguyen menyelesaikan perlombaan.

Menurut catatan di laman SEA Games 2023, Thi mencatatkan waktu 17 menit 00,33 detik. Thi pun berhak untuk medali emas, sedangkan medali perak menjadi milik sesama atlet Vietnam Thi Hong Le Pham, adapun perunggu didapat atlet Indonesia Odekta Elvina Naibaho.

"Basah kuyup, benar-benar kelelahan, dan dikombinasikan dengan kekecewaan karena ditakdirkan untuk menjadi yang terakhir hampir membuatnya keluar dari balapan. Namun, sorak-sorai dari penonton Kamboja dan internasional mendorongnya untuk bertahan dan mencapai garis finis. Setelah melewati batas, Samnang menangis dan bertepuk tangan untuk berterima kasih kepada para pendukungnya," tulis media Kamboja.

Bou Samnang tak peduli meski arena sudah ditinggalkan para pesaing. Ia tetap berlari. Menjadi mengharukan karena Bou Samnang tampak menangis bahagia setelah menyelesaikan perlombaannya. Ia juga mengambil bendera Kamboja dan menciumnya.

"Meski kalah dalam balapan dan hampir enam menit setelah pemenang, Samnang tiba-tiba dikenal sebagai simbol semangat olahraga di SEA Games tahun ini. Gambar-gambarnya menjadi viral online sementara kisah tekadnya telah dilaporkan oleh media di seluruh dunia."

Dukungan untuk Samnang tiba-tiba mengalir dari segala arah. Perdana Menteri Hun Sen dan Ibu Negara Bun Rany mengumumkan bahwa mereka akan menyumbangkan $10.000, yang sama dengan jumlah yang akan diterima setiap atlet Kamboja yang memenangkan medali emas di SEA Games.

"Dia berlari di bawah hujan deras sampai dia mencapai tujuan meskipun dia tidak memenangkan medali apapun," kata Perdana Menteri Hun Sen di halaman Facebook-nya.

Raja Sihamoni turut memberikan dukungan. Dalam sebuah unggahan di Facebook, sang Raja memuji kerja keras dan tekadnya, yang kini melambangkan semangat nyata dalam kompetisi olahraga.

“Olahraga bukan hanya tentang menang atau kalah melawan lawan; Esensi utama seorang atlet adalah menunjukkan daya tahan, ketekunan, dan pengendalian diri atas tantangan yang mereka hadapi. Di dunia luar, satu langkah usaha adalah satu langkah lebih dekat menuju kesuksesan, ”tulis Raja di halaman Facebook Royal Palace Royal du Cambodge.

Khmer Times menjelaskan bahwa Samnang berada di tim nasional sejak 2016. Namun ia menderita masalah kesehatan satu bulan sebelum perlombaan. Namun, dia menolak untuk mundur, menyadari bahwa dia akan mewakili 16 juta rekan senegaranya.

Atletik Breaking News Kamboja SEA Games 2023
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan