Piala Asia 2023

Perdebatan Pemanggilan Pemain ke Timnas, Nova Arianto: Jangan Asumsi Macam-macam

Frengky AruanFrengky Aruan - Jumat, 22 Desember 2023
Perdebatan Pemanggilan Pemain ke Timnas, Nova Arianto: Jangan Asumsi Macam-macam
Shin Tae-yong bersama asistennya, Nova Arianto. (BolaSkor.com/Putra Wijaya)

BolaSkor.com - Asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto merespons perdebatan pemanggilan pemain ke Timnas Indonesia. Sebanyak 30 pemain sebelumnya dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan di Turki.

Dua di antaranya urung bergabung karena cedera, yaitu Rachmat Irianto dan Yance Sayuri.

Perdebatan, salah satunya terkait tidak masuknya nama Stefano Lilipaly dan Nadeo Argawinata. Bos Borneo FC Nabil Husein sekaligus merespons alasan yang dikeluarkan oleh pelatih Shin Tae-yong.

Bagi Shin Tae-yong, Stefano Lilipaly tidak memenuhi kriteria. Stefano yang gacor di Liga 1 kemungkinan bermasalah dengan fisik di level Piala Asia.

Pun Nadeo. Shin Tae-yong lebih memilih Syahrul Trisna karena lebih tenang sehingga potensi kebobolan kecil.

Baca Juga:

Timnas Indonesia Geber Latihan Perdana, Lima Pemain Abroad Masih Ditunggu

Kriteria Pemain Pilihan Shin Tae-yong untuk Piala Asia 2023

“Kami memahami banyak pro dan kontra setiap Tim Nasional melakukan pemanggilan pemain karena itu kami sangat menghargai dan memahami dengan situasi dan komentar yang ada, karena pastinya semua menginginkan yang terbaik untuk Tim Nasional,” tulis Nova Arianto.

Nova Arianto memastikan bahwa pemanggilan pemain penuh pertimbangan. Selain itu, tidak ada tekanan.

“Jangan pernah berasumsi macam-macam mengenai pemanggilan pemain dan doakan ini yang terbaik versi kami di coaching staff, selalu hormati setiap keputusan HC (head coach) kami Shin Tae-yong, karena tidak ada tekanan dalam kami memanggil pemain dan pastinya semua pemain yang dipanggil adalah orang Indonesia dan pastinya semua akan berjuang memberikan yang terbaik untuk Tim Nasional.”

Pemusatan latihan digelar 20 Desember sampai 6 Januari 2024. Nantinya 26 pemain yang dibawa ke Qatar, sebelum tiga nama dicoret sehingga skuad final untuk Piala Asia 2023 bermaterikan 23 pemain.

Timnas Indonesia Stefano lilipaly Borneo FC Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan