Penyebab Besar Buruknya Performa Rossi di Ducati Terungkap

Andhika PutraAndhika Putra - Kamis, 22 Desember 2022
Penyebab Besar Buruknya Performa Rossi di Ducati Terungkap

BolaSkor.com - Pembalap penguji Ducati, Michele Pirro, akhirnya membuka rahasia kegagalan Valentino Rossi. Michele menyebut The Doctor gagal akibat ketidak cocokan gaya berkendaranya.

Selama berkarier di dunia MotoGP, Rossi tidak hanya terkenal akan prestasi mentereng saja. Pembalap asal Italia itu juga dikenal karena kegagalannya saat membela Ducati.

Tercatat saat memutuskan hengkang dari Yamaha akibat perseteruannya dengan Jorge Lorenzo, Rossi memutuskan berlabuh ke pabrikan asal Borgo Panigale, Italia tersebut. Dengan harapan mampu mempermalukan mantan timnya.

Namun perjalanan Rossi di Ducati tidak seindah yang diharapkan. Peraih sembilan kali gelar juara dunia ini justru membawa Ducati ke dalam jurang keterpurukan.

“Ketika saya melakukan pengetesan, saya mengerti kenapa Rossi gagal tampil kompetitif bersama Ducati. Ini adalah motor yang saat memasuki tikungan dan tidak tahu apakah bisa keluar,” ujar Michele, dikutip dari gpone.com.

“Ban depan tidak bisa memberikan kepercayaan diri dan pembalap normal, dalam konteks ini Rossi yang kerap mengandalkan bagian depan motor akan mengalami kesulitan, sementara Casey Stoner yang memiliki pengalaman di lintasan tanah bisa berkendara dengan kondisi ini.”

“Rossi tidak dapat membuat perubahan karena kamu harus berupaya lebih di luar insting, tetapi jika terlalu menekan, kamu akan jatuh, jadi kamu harus maju setengah langkah dan mundur dua langkah. Jika pembalap kekurangan kepercayaan diri, maka ini semua berakhir,” tambahnya.

Namun Ducati perlahan mulai berubah total. Berkat kedatangan Gigi Dall’ Igna di musim 2015, Ducati akhirnya mampu menyempurnakan kuda besinya. Terbukti dengan keberhasilan Ducati menyapu bersih tiga gelar sekaligus di musim ini.

Penulis: Bintang Rahmat

Breaking News Motogp Motogp 2022
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.254

Bagikan