Pencetak Gol Terbanyak Piala AFF 2004 Analisis Penyebab Kekalahan Timnas Indonesia dari Thailand

Muhammad AdiyaksaMuhammad Adiyaksa - Minggu, 18 November 2018
Pencetak Gol Terbanyak Piala AFF 2004 Analisis Penyebab Kekalahan Timnas Indonesia dari Thailand
Ilham Jaya Kesuma (kanan). (Instagram).

BolaSkor.com - Permainan Timnas Indonesia saat melawan Thailand begitu jomplang sebelum dan sesudah turun minum. Begitulah analisis pencetak gol terbanyak Piala AFF 2004 lalu, Ilham Jaya Kesuma.

Timnas Indonesia harus bertekuk lutut di hadapan Thailand pada babak penyisihan Grup B Piala AFF 2018. Bertanding di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/11), armada Bima Sakti Tukiman itu kalah 2-4.

"Ya, sebagai mantan pemain memang kita sangat kecewa ya. Karena di babak pertama organisasi kita sangat bagus sekali walaupun terjadi dua gol kesalahan kita," ujar Ilham kepada wartawan.

Ilham menilai standar permainan Timnas Indonesia turun di babak kedua. Lini belakang disebutnya sudah oke walau kebobolan dua gol di paruh ini, tapi masalah muncul ketika membangun serangan.

"Terus di babak kedua kenapa fisik pemain di saat transisi bertahannya bagus, tapi menyerangnya kurang. Jadi dari organisasinya yang babak pertama bagus, babak kedua semuanya hilang begitu saja," kata pencetak tujuh gol di Piala AFF 2004 itu.

Namun secara statistik, dikutip dari Labbola, Timnas Indonesia bermain lebih baik di paruh kedua. Catatan penguasaan bola yang tadinya 47 persen meningkat dua persen seusai turun minum.

Begitu pula total operan. Di babak pertama, Hansamu Yama dan kawan-kawan hanya mampu melancarkan 188 operan. Di babak kedua, jumlah tersebut naik drastis menjadi 409 operan.

Ilham Jaya Kesuma Timnas Indonesia Piala aff Piala AFF 2018
Posts

1.188

Bagikan