Pemain Naturalisasi Batal Tampil di IBL 2021

Andhika PutraAndhika Putra - Rabu, 16 Desember 2020
Pemain Naturalisasi Batal Tampil di IBL 2021
Jamarr Johnson

BolaSkor.com - Wacana penggunaan pemain naturalisasi pada Indonesia Basketball League (IBL) 2021 urung dilakukan. Terbatasnya jumlah penggawa yang tersedia menjadi penyebab.

IBL menyempurnakan aturan mengenai pemain naturalisasi. Kini, Jamarr Johnson, Brandon Jawato, Biboy, Anthony Wanyne Cates Jr, Anthony Hargrove, dan Lester Prosper bisa dihitung sebagai penggawa lokal.

Akan tetapi, hanya mereka yang sudah menerima paspor selama 365 hari yang boleh dipinang klub. Artinya, Lester dan Brandon belum bisa bermain pada IBL 2021.

Keterbatasan jumlah itu yang membuat klub IBL sepat untuk tidak menggunakan pemain naturalisasi dulu pada musim depan.

“Dari penyempurnaan ini diharapkan untuk dapat memberi aturan serta kesempatan lebih baik kepada pemain naturalisasi yang ada”, kata Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah.

Baca Juga:

Lester Prosper dan Brandon Jawato Bela Timnas Muda di IBL 2021

Oki Wira Sanjaya Akhirnya Turun Gunung

“Peraturan tentang pemain lokal naturalisasi disetujui sebagai upaya untuk mengatur mekanisme yang lebih baik lagi, hanya klub klub peserta IBL bersepakat untuk penggunaannya dimulai di musim 2022, salah satunya mengingat waktu persiapan yang cukup pendek dan sebagian besar klub telah mempersiapkan rosternya untuk musim 2021" tambah Junas.

Pemilik Lovure Surabaya, Erick Herlangga, sepakat dengan aturan baru IBL. Erick juga menilai tidak elok menggunakan pemain naturalisasi di tengah keterbatasan jumlah.

“Saat ini di tengah masa pandemi memang lebih baik berkonsentrasi pada pembentukan tim dengan roster pemain lokal yang sudah dipersiapkan," tutur Erick.

Breaking News Basket IBL Jamarr Johnson Lester Prosper Brandon Jawato
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.252

Bagikan