Pemain Amartha Hangtuah Tingkatkan Kemampuan Fisik di Ring Tinju

Andhika PutraAndhika Putra - Selasa, 16 Januari 2024
Pemain Amartha Hangtuah Tingkatkan Kemampuan Fisik di Ring Tinju

BolaSkor.com - Siapa bilang atlet basket hanya bisa latihan basket? Hal itu dibuktikan tiga pemain Amartha Hangtuah Jakarta, yakni Saddam Asyurna, I Putu Yudiantara, dan Sahid Muhammad Abdul Kasim.

Mereka justru menambah porsi latihan di luar lapangan basket dengan berlatih tinju. Tempat favorit bagi Saddam, Ongek (panggilan Yudiantara), dan Kasim berlatih tinju adalah MANA Powerhouse yang berada di Kemang Timur Raya No 60A, Jakarta Selatan.

Tambahan latihan tinju ternyata menjadi pengalaman baru yang menarik bagi Saddam, Ongek, dan Kasim. Ada beberapa teknik dalam latihan tinju yang ternyata berguna saat mereka bermain basket.

"Latihan ini sangat membantu ketika bermain basket, seperti footwork. Terus ada stance misalkan kita stay low. Sama satu lagi, tinju menguatkan otot lengan yang berguna saat bumping ataupun rebound," kata Saddam Asyurna.

Adapun Ongek mengaku latihan tinju terutama footwork bisa membantunya melatih kekuatan dan kelincahan kaki. Apalagi, pemain asal Bali itu memiliki tinggi badan 191 centimeter yang membuatnya lebih banyak ditempatkan di bawah ring.

"Jika kaki lincah, tentu hal itu bisa membantu lompatan saya. Kaki terasa lebih ringan dan lebih mudah bagi saya untuk melompat," ujar pemain kelahiran tahun 2001 itu.

Hal senada dikatakan Kasim. Pemain yang saat ini masih berkuliah itu mengaku fokus pada latihan memperkuat otot bagian lengan. Sama seperti Ongek, Kasim biasa ditempatkan sebagai pemain center ataupun power forward sehingga bakal lebih banyak berhadapan dengan lawan-lawan yang memiliki postur dan tubuh besar.

"Awalnya saya mengira latihan tinju itu mudah. Tetapi saat dijalani, latihan ini sungguh berat. Saya sudah kelelahan saat baru latihan 30 menit. Namun, setelah ikut beberapa kali, saya merasa ada perubahan signifikan pada bagian lengan," kata Kasim.

Keberadaan MANA Powerhouse memang sangat berguna bagi para pemain Amartha Hangtuah. Selain dekat dengan asrama tim, MANA Powerhouse juga memiliki beberapa kelas kebugaran.

MANA Powerhouse bukan sekadar tempat latihan, tetapi juga rumah bagi komunitas yang peduli pada kesehatan dan kebugaran. Mereka didukung tenaga-tenaga profesional, fasilitas gym yang lengkap, area fungsional, sauna, serta kelas Brazilian Jiu Jitsu dan boxing (tinju).

Kelas MANA Boxing Club menawarkan kelas latihan tinju yang dipimpin Egi Rozten, seorang petarung Indonesia yang sudah lama bergelut di dunia seni bela diri campuran (MMA). Egi Rotzen memiliki banyak pengalaman dan sering mewakili Indonesia di pentas global ONE Championship.

Melalui latihan tinju yang terarah dan disesuaikan dengan kebutuhan, kelas ini dapat memotivasi seseorang untuk bergerak lebih aktif dan meningkatkan kesehatan secara menyeluruh.

Melalui MANA Boxing Club, seseorang dapat menemukan cara yang menyenangkan dan menarik untuk tetap aktif, meningkatkan kesehatan fisik, mental serta mengembangkan keterampilan bela diri yang berguna.

Breaking News
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.254

Bagikan