Peluang Langka Bilbao, Potensi Menangi Dua Trofi dalam 14 Hari

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 02 April 2021
Peluang Langka Bilbao, Potensi Menangi Dua Trofi dalam 14 Hari
Athletic Bilbao (Twitter)

BolaSkor.com - Pandemi virus corona menghadirkan cerita-cerita menarik di sepak bola Eropa. Cerita itu juga dimiliki oleh klub tradisional Basque, Athletic Bilbao dengan peluang emas meraih dua trofi dalam waktu 14 hari.

Kans memenangi dua trofi dalam waktu 14 hari. Unik? Tentu, sebab dua peluang itu adalah kans emas yang belum terjadi dalam waktu dekat dan bisa jadi tidak terulang untuk klub-klub lainnya. Bilbao cukup beruntung memilikinya.

"Bagi siapa pun yang lahir di Bilbao atau daerah sekitarnya, impian utama yang dimiliki anak-anak adalah bermain untuk Athletic Bilbao," ucap produk akademi Bilbao, Inaki Williams

"Saya sangat beruntung karena mimpi ini menjadi kenyataan. Sekarang saya memiliki kemungkinan untuk memenangkan dua gelar, menjadikan Athletic Bilbao menjadi juara." tambah pemain berusia 26 tahun tersebut.

Baca Juga:

Copa del Rey: Comeback Dramatis Antar Barcelona ke Final

Barcelona 2-3 Athletic Bilbao: Blaugrana Tertimpa Malapetaka di Perpanjangan Waktu

Punya Status Pembunuh Raksasa, Marcelino Bisa Gagalkan Ambisi Juara Barcelona

Inaki Williams

Peluang langka itu adalah memenangi dua titel Copa del Rey. Bilbao terakhir kali meraihnya pada 1948 kala memenangi dua titel domestik, LaLiga dan Copa del Rey.

Kini Bilbao punya peluang mengakhiri penantian itu. Tidak tanggung-tanggung, dua kesempatan dimiliki oleh Bilbao mewujudkannya di bawah arahan Marcelino Garcia Toral.

Dua final Copa del Rey

Athletic Bilbao

Pertama Bilbao akan memainkan final Copa del Rey antar sesama tim Basque, Real Sociedad pada Minggu (04/04) pukul 02.30 dini hari WIB. Itu adalah final Copa del Rey 2019-2020 yang sempat ditunda 12 bulan karena pandemi virus corona.

Lalu final kedua terjadi pada 17 April 2021 melawan Barcelona di final Copa del Rey 2020-2021. Bilbao sudah pernah mengalahkan Barcelona di ajang Piala Super Spanyol pada Januari lalu dan berharap bisa melakukannya lagi.

Filosofi Athletic Bilbao

Pencapaian dan eksistensi Bilbao di papan atas sepak bola Spanyol memang layak diapresiasi. Dengan filosofi yang sudah mengakar dan bertahan selama bertahun-tahun, Bilbao mampu bersaing dengan nama-nama besar lainnya seperti Barcelona, Real Madrid, dan Atletico Madrid.

Bilbao bukan klub penampung pemain-pemain top Eropa karena kebijakan mereka hanya memiliki pemain yang berasal, atau keturunan Basque di dalam skuad. Fakta itu diterima Marcelino yang sebelumnya membesut Valencia.

"Apakah itu (filosofi Bilbao) bisa cocok dengan abad 21? Saya akan katakan sepenuhnya tidak, karena prinsip-prinsip jauh di depan dari situasi berbeda," ucap Marcelino.

"Ketika Anda benar-benar percaya dan yakin dengan prinsip maka itu sangat otentik, dan filosofi serta jalan hidup dan cara bersikap sangatlah kuat. Ini sangat bertanggung jawab, terhormat, dan sangat jelas. Fantastis."

Justru dari identitas yang jelas itu Bilbao juga bisa meraup untung ketika melepas pemain-pemain berbakat mereka sesuai dengan klausul penjualan, sebut saja seperti Aymeric Laporta, Javi Martinez, hingga Kepa Arrizabalaga.

Breaking News Athletic Bilbao Copa del Rey
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.270

Bagikan