Pelatih Persebaya Puji Mental dan Performa Pemain Asing

Frengky AruanFrengky Aruan - Selasa, 02 Agustus 2022
Pelatih Persebaya Puji Mental dan Performa Pemain Asing
Pemain asing asal Jepang, Sho Yamamoto, mencetak gol pertama untuk Persebaya saat menang 2-0 atas Persita Tangerang. (BolaSkor.com/Keyzie Zahir)

BolaSkor.com - Persebaya Surabaya berhasil meraih kemenangan pertama pada pekan kedua Liga 1 2022/2023. Tiga poin diamankan usai menang dua gol tanpa balas atas Persita Tangerang di Stadion Gelora Bung Tomo, Senin (1/8) malam.

Pelatih Persebaya Aji Santoso mengatakan kemenangan ini tak lepas dari mental tanding Koko Ari Araya dkk. yang membaik. Ditambah penampilan apik dari tiga pemain asing Bajol Ijo. Higor Felipe Vidal, Sho Yamamoto dan Silvio Rodrigues Pereira Junior memberi kontribusi dua gol yang tercipta.

Gol perdana Sho Yamamoto pada menit ke-23 di Liga 1 tercipta berkat aksi Silvio Junior. Kemudian umpan sepak pojok Higor Vidal mampu diselesaikan dengan apik oleh Rizky Ridho Ramadhani melalui tandukan yang mengarah ke pojok kiri gawang Persita di menit ke-57.

Baca Juga:

Permintaan Keluar dari Persib, Robert Rene Alberts: Tidak Perlu Dipikirkan

Tekuk Persita, Persebaya Raih Tiga Poin Perdana

“Secara keseluruhan sebenarnya tiga pemain asing kami sudah bagus. Silvio, meski tidak cetak gol, ada beberapa peluang. Sho saya lihat juga sudah mulai menemukan kepercayaan diri. Vidal juga, Alhamdulillah, bisa menghidupkan lapangan tengah dan memberi assist ke temannya,” ungkap Aji.

“Secara taktikal cukup bagus. Tapi, saya masih butuh bermain lebih sederhana lagi karena itu akan menghemat tenaga. Menurut saya, tidak hanya pemain asing, dan bukan hanya karena menang, pemain-pemain baru mulai ada kepercayaan diri. Mereka ini belum merasakan kompetisi Liga 1. Alhamdulillah, ini modal yang bagus untuk ke depan,” sambungnya.

Pelatih asal Kepanjen, Kabupaten Malang tersebut memuji mental bertanding anak asuhnya. Aji kagum lantaran para pemain tim asal Kota Pahlawan tersebut tidak terpengaruh hasil negatif di laga pertama lalu. Takluk 0-1 dari Persikabo 1973.

“Jelas kekuatan mental pemain. Kita tahu di pertandingan pertama kami kalah, terus ada beberapa tekanan. Menurut saya itu wajar. Saya sampaikan, jadikan tekankan itu sebagai motivasi. Hasilnya luar biasa, anak-anak bermain kompak, fighting spirit luar biasa,” jelas Aji.

Meski meraih kemenangan, pelatih 52 tahun itu tetap akan melalukan evaluasi kepada para pemainnya. Apalagi, Bajol Ijo akan bertandang ke markas tim kuat, Bhayangkara FC, Minggu (7/8) mendatang. Saat ini, Persebaya bercokol di peringkat kelima, sementara Bhayangkara masih berada di posisi 13.

“Pasti akan ada evaluasi. Seperti ketika babak pertama pemain belakang masih ceroboh (dalam situasi) satu lawan satu. Pemain belakang harus lebih rapi, pemain tengah lebih kuat, dan saya harus benahi finishing,” pungkas Aji. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

Persebaya surabaya Sho Yamamoto Aji santoso Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan