Piala Asia 2023

Pelatih Libya: Masalah Timnas Indonesia Ada di Pertahanan dan Penyelesaian Akhir

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Sabtu, 06 Januari 2024
Pelatih Libya: Masalah Timnas Indonesia Ada di Pertahanan dan Penyelesaian Akhir
Selebrasi Yakob Sayuri usai bobol gawang Libya. (PSSI)

BolaSkor.com - Pelatih timnas Libya, Milutin Sredojevic, melihat ada masalah dalam Timnas Indonesia. Ini setelah kedua tim melakukan uji coba sebanyak dua kali.

Libya menggasak Timnas Indonesia dua kali dalam dua laga uji coba di Stadion Mardan Sports Complex, Turki, 2 dan 5 Januari 2024. Skaud Garuda takluk 0-4 di pertemuan pertama, dan kalah 1-2 di pertemuan kedua.

Milutin Sredojevic mengatakan, pertandingan kedua lebih sulit dari pertama, bagi timnya untuk meraih kemenangan. Menurutnya, perubahan starting eleven dan permainan Timnas Indonesia, membuat hal itu terjadi.

“Pertandingan yang sangat sulit karena kami telah menggunakan semua pemain pada pertemuan pertama, tetapi hari ini Indonesia menambahkan beberapa pemain baru yang membentuk tim kompetitif yang sangat baik," kata Milutin Sredojevic, dilansir dari video tim Media PSSI yang diterima BolaSkor.com.

Baca Juga:

Kekalahan dari Libya Jadi Pelajaran, Elkan Baggott Berharap Kesalahan Tak Terulang

Nostalgia Timnas Indonesia di Piala Asia 1996 - Gol Spektakuler Widodo dan Duel Shin Tae-yong Vs Bima Sakti

View this post on Instagram

A post shared by Bolaskor.com (@bolaskorcom)

Ia pun memberikan saran kepada Timnas Indonesia yang akan tampil di Piala Asia 2023. Sarannya adalah memperbaiki lini pertahanan, dan lini depan dalam hal penyelesaian akhir.

Apa yang dikatakan Sredojevic memang terbukti. Justin Hubner dan Rizky Ridho melakukan blunder. Lalu, gol Timnas Indonesia dicetak Yakob Sayuri, yang notabenenya di pasang sebagai full back kanan di pertandingan kedua.

“Detail-detail kecil dapat memengaruhi hasil, dan Indonesia sepertinya ada beberapa masalah pertahanan karena kalian kebobolan dua gol dan enam gol dalam dua pertandingan. Kalian juga menghadapi masalah dalam aspek penyelesaian akhir. Menurut saya, soal penyelesaian akhir dan penempatan posisi kalian dalam serangan tanpa pergerakan dari sisi sayap itu tidak sesuai. Jadi Anda bisa membuat peluang lebih banyak dari titik itu,” jelasnya.

“Dan yang krusial adalah, bahwa pelatih memiliki waktu sebelum pertandingan pertama melawan Irak di Piala Asia untuk menjaga pertahanan tetap kokoh, memperbaiki aspek pertahanan, dan meningkatkan aspek penyerangan. Sekali lagi, selamat berjuang di Piala Asia,” pungkas Milutin Sredojevic.

Timnas Indonesia baru saja menyelesaikan pemusatan latihan (TC) di Turki sejak 20 Desember 2023 kemarin. Kini, Ivar Jenner dkk. bertolak ke Qatar untuk menggelar persiapan akhir, dan uji coba melawan Iran pada 9 Januari mendatang.

Di Piala Asia 2023, Timnas Indonesia tergabung di Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam. Pasukan Shin Tae-yong menjalani laga perdana melawan Irak di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan, pada tanggal 15 Januari 2024.

Timnas Indonesia Libya Piala Asia 2023 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.159

Bagikan