Piala Asia 2023

Pelatih Australia dan Jackson Irvine Sepakat, Kemenangan atas Timnas Indonesia Tidak Didapat dengan Mudah

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Senin, 29 Januari 2024
Pelatih Australia dan Jackson Irvine Sepakat, Kemenangan atas Timnas Indonesia Tidak Didapat dengan Mudah
Jackson Irvine berduel dengan Sandy Walsh. (PSSI)

BolaSkor.com - Pelatih timnas Australia, Graham Arnold, menaruh hormat terhadap Timnas Indonesia. Menurut dia, kemenangan yang didapat Australia atas Indonesia tidak diraih dengan mudah.

Australia masih terlalu kuat untuk Timnas Indonesia saat kedua tim bertemu pada pertandingan 16 besar Piala Asia 2023, Minggu (28/1). Laga yang digelar di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, itu berakhir dengan kemenangan 4-0 untuk Australia.

Kendati secara skor sangat mencolok, juru taktik timnas Australia, Graham Arnold, menyebut kalau sebetulnya Timnas Indonesia sempat membuat anak asuhnya kesulitan. Australia membuka keunggulan dari gol bunuh diri Elkan Baggott pada menit 12. Setelah itu, Australia baru bisa mencetak gol kedua di menit 45 via Martin Boyle.

Dua gol tambahan bagi The Socceroos baru tercipta di akhir babak kedua, tepatnya menit 89 dan 90+1. Gol dicetak oleh Craig Goodwin dan bek Leicester City, Harry Souttar.

"Lihat, menurut saya, kita harus memberikan apresiasi kepada Timnas Indonesia. Mereka menguji kami. Ini bukan pertandingan yang mudah. Oke, hasil 4-0 mungkin terlihat seperti itu (laga mudah), tetapi sebenarnya tidak," kata Graham Arnold.

Baca Juga:

Dikalahkan Australia, Shin Tae-yong Sebut Timnas Indonesia Cuma Kalah Pengalaman

Andai Saja Tidak Terjadi Gol Bunuh Diri, Mungkin Hasil Timnas Indonesia Lawan Australia Bisa Berbeda

Gelandang timnas Australia, Jackson Irvine, juga sepakat dengan pelatihnya. Bahkan, Jackson menyebut kalau di 45 menit pertama, Timnas Indonesia tidak terlihat seperti tim yang secara ranking FIFA dan pengalaman terpaut jauh dari Australia.

Sebagai informasi, Timnas Indonesia menempati ranking 146 dunia, sedangkan Australia posisi 25. Ini berdasarkan update terakhir FIFA pada 21 Desember 2023.

"Di babak pertama, mereka membuat kami kesulitan dengan energi dan intensitas mereka. Tetapi saya pikir pengalaman dan profesionalisme kami bersinar di babak kedua. Kami hanya terlalu superior bagi mereka pada hari itu," ujar Jackson Irvine dikutip dari The Guardian.

Timnas australia Timnas Indonesia Piala Asia Piala Asia 2023 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.318

Bagikan