PB IKASI Studi Banding ke Korsel demi Peningkatan Prestasi Anggar Indonesia

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Minggu, 30 Juli 2023
PB IKASI Studi Banding ke Korsel demi Peningkatan Prestasi Anggar Indonesia
PB IKASI dan KONI Pusat saat mengunjungi pelatnas tim anggar Korea Selatan di KNSU. (Istimewa)

BolaSkor.com - Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (PB IKASI) Agus Suparmanto bersama Ketua KONI Pusat Marciano Norman pada 17 Juli lalu mengunjungi pelatnas Tim Anggar Korea Selatan di kompleks Korea National Sport University (KNSU).

PB IKASI memutuskan untuk menjalin kerja sama dengan KNSU dengan tujuan meningkatkan prestasi para atlet anggar Indonesia. Diketahui, Korea Selatan merupakan negara yang cukup diperhitungkan di dunia anggar.

Ini dibuktikan dengan prestasi tim anggar Korea Selatan pada Olimpiade Tokyo 2020 yang meraih satu medali emas, satu perak, dan tiga perunggu. Di klasemen akhir cabang olahraga (cabor) Anggar, Korea Selatan menempati posisi ketiga di bawah ROC (3 emas, 4 perak, 1 perunggu) dan Perancis (2 emas, 2 perak, 1 perunggu).

"Semoga ini menjadi titik awal baru untuk kemajuan Anggar Indonesia, kami akan segera melakukan seleksi terhadap belasan atlet Indonesia yang akan dikirim berlatih di Korea Selatan," kata Agus Suparmanto.

PIhak KNSU melalui Prof Lee Sang-ki menyambut baik rencana PB IKASI dan KONI Pusat untuk meningkatkan kualitas atlet anggar Indonesia. KNSU siap memberikan dukungan penuh.

"Kami di sini siap memberikan dukungan terhadap atlet anggar Indonesia untuk memberikan pelatihan dan mendampingi secara intensif, serta memanfaatkan fasilitas latihan lainnya yang tersedia,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua KONI Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman menyebut Anggar perlu mendapatkan atensi karena salah satu cabor yang dipertandingkan pada Olimpiade Paris 2024. Butuh jenjang panjang untuk mengantar atlet meraih prestasi dunia.

"Kita harus bisa mempersiapkan atlet-atlet kita sedini mungkin agar anggar berprestasi di event-event internasional, baik itu mulai tahapan SEA Games, Asian Games dan suatu saat nanti Olimpiade. Direncanakan sejak awal, dibina sejak awal dan melakukan talent scouting yang benar,” ujar Ketua KONI Pusat masa bakti 2023-2027 itu.

"Saya optimis dengan perencanaan yang baik, jangka panjang, dan rekrutmen aktif yang tepat, kita bisa berprestasi. Dan saya berikan tantangan ini kepada Ketum PB IKASI untuk menunjukkan kepada Indonesia bahwa Atlet Anggar Indonesia juga akan memberikan kontribusi medali,” lanjutnya.

Anggar KONI Koni pusat Olimpiade Olimpiade 2024 Olimpiade 2020 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.312

Bagikan