Partai Hidup Mati Timnas U-19 Sore Ini - Partai hidup mati Timnas Indonesia U-19, Jumat (16/09) sore hari nanti akan melawan Australia sang pemimpin klasemen pertama di Youth Football Training Centre, Hanoi. Timnas Australia saat ini belum sekalipun kebobolan, dan menuai dua kali kemenangan pada piala AFF 2016. Setelah Australia diikuti Timnas Thailand U-19 yang berada pada posisi kedua dengan nilai enam, dan akan menghadapi Kamboja.

Laga Indonesia muda Vs Australia ini menjadi penentu untuk bisa melanjutkan ke semi-final. Kekalahan beruntun kemarin saat melawan Myanmar dan Thailand, hampir dipastikan terhenti karena Indonesia Muda belum mendapatkan poin kemenangan.

“Peluang kita belum habis. Semoga besok [hari ini] meraih kemenangan. Sekali lagi kami mohon dukungan, dan doa warga Indonesia untuk timnas U-19,” ujar pelatih Eduward Tjong.

“Kita waspadai Australia. Pressing, body charge Australia bagus, dan tentunya postur mereka tinggi-tinggi. Tapi kami tidak akan bermain bertahan, tetap normal. Namun kita agak menunggu mereka dari lini tengah ke bawah.”

Edu,sapaan Eduward, kemungkinan bakal melakukan rotasi, dan akan menurunkan pemain yang memiliki kebugaran bagus. Lini pertahanan menjadi perhatian Edu untuk dibenahi menjelang laga ini.


Di lain kubu, Australia tidak mengalami kendala dalam menentukan komposisi pemain, karena memiliki materi merata. Bahkan, pada dua laga sebelumnya, pelatih Ufuk Talay menurunkan komposisi berbeda. Talay kemungkinan besar memainkan komposisi ketika mengalahkan Kamboja 2-0.“Kita sudah latihan simulasi untuk laga nanti. Proses recovery pemain juga kita perhatikan, apalagi yang sudah bermain dua kali berturut-turut. Dua-tiga pemain kita rotasi, terutama tengah dan depan,” kata Edu.

Sementara pemain yang menggilas Myanmar 3-0 di laga kedua diberikan kesempatan untuk istirahat kepada pemain. Apalagi Australia selanjutnya akan menghadapi Thailand yang memberikan pengaruh terhadap posisi mereka di klasemen. Walau memenangi dua laga, Talay masih belum puas dengan penyelesaian akhir.

“Anak-anak sudah bermain bagus, walau lapangan terlalu keras, dan membuat kami kesulitan menerapkan umpan pendek. Tapi kami mengalami peningkatan. Meski demikian, kami harus lebih tajam lagi dalam melakukan penyelesaian akhir,” kata Talay setelah menundukkan Myanmar.

Berikut prakiraan susunan pemain kedua tim:

Indonesia: Muhammad Riyandi; Arizky Wahyu Satriya, Bagas Adi Nugroho, Pandi Lestaluhu, Hanif Sjahbandi, Satria Wardana, Asnawi Mangkualam Bahar, Edo Febriansah, Dimas Drajad, Sandi Pratama, Saddil Ramdani.

Australia: Daniel Margush; Patrick Flottmann, William Mutch, Kye Rowles, Jackson Bandiera, Liam Rose, Mario Shabow, William Youlley, George Blackwood, Steve Kuzmanovski, Jayden Prasad. (ASW)