Ancaman Kesehatan Mental Bayangi Pemain di Masa Pandemi Virus Corona

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Jumat, 10 April 2020
Ancaman Kesehatan Mental Bayangi Pemain di Masa Pandemi Virus Corona
(fifpro.org)

BolaSkor.com - Pandemi virus corona tidak hanya mengancam finansial klub-klub sepak bola profesional. Para pemain sebagai aktor utama olahraga ini juga ikut terdampak terutama mentalnya.

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan Asosiasi Pesepak Bola Dunia (FIFPro), kondisi mental pemain cukup terganggu dengan pandemi ini. Padahal tingkat stres mereka juga sudah tinggi ketika mengarungi kompetisi.

“Berdasarkan studi beberapa tahun, kami telah melihat peningkatan risiko kegelisahan dan masalah kejiwaan yang berbeda terhadap para pemain dibandingkan masyarakat. Kebanyakan karena tekanan dan kesulitan pekerjaan pada sebagian besar mereka dan (corona) memperburuknya," kata Sekretaris Jenderal FIFPro, Jonas Baer-Hoffmann dikutip dari Reuters.

Menariknya, tekanan mental lebih tinggi dihadapi oleh para pemain yang berlaga di liga-liga menengah ke bawah. Durasi dan nilai kontrak yang lebih kecil dibanding di Eropa atau Amerika Latin menjadi salah satu penyebabnya.

Baca Juga:

Pandemi Virus Corona, Presiden FIFA Beri Peringatan agar Kompetisi Tidak Buru-buru Dimulai Kembali

Jalin Komunikasi, PSSI Tunggu Kepastian dari FIFA soal Pelaksanaan Piala Dunia U-20 2021

FIFA Segera Keluarkan Rekomendasi Terkait Nasib Kompetisi Klub

Sekretaris Jenderal FIFIPRO, Jonas Baer-Hoffmann

“Kami memiliki banyak pemain muda yang hidup sendiri, jauh dari negaranya, tanpa dukungan keluarga dan banyak dari mereka (yang hanya) menjalani kontrak setahun kerja. Itu menciptakan tekanan mental apakah mereka akan mendapatkan pendapatan di akhir musim ini," tambahnya.

Dalam survei tahun 2015, FIFPro menemukan sebanyak 38 persen dari pesepak bola aktif dan 35 persen yang sudah pensiun pernah menghadapi depresi berat. Mereka biasanya fokus pada karir mereka dan menemukan kekosongan ketika tak punya pertandingan untuk dipikirkan.

Demi mengantisipasi masalah ini, FIFPro meminta anggota mereka untuk tetap menjaga pikiran dengan gaya hidup dan tidur sehat, serta menjalani rutinitas normal. Mereka juga diminta tidak terlalu banyak mengikuti perkembangan virus ini.

“Hindari membaca apapun tentang virus corona di berita atau media sosial karena ini bisa meningkatkan stres atau kecemasan yang tak perlu,” pungkasnya.

Fifpro Virus Corona Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan