NYXS BLiSPI Cup 2022, Dimulainya Pencarian 12 Pemain Berbakat Menuju Barcelona

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Kamis, 10 November 2022
NYXS BLiSPI Cup 2022, Dimulainya Pencarian 12 Pemain Berbakat Menuju Barcelona
NYXS BLiSPI Cup 2022. (Istimewa)

BolaSkor.com - NYXS BLiSPI (Badan Liga Sepak Bola Pelajar Indonesia) Cup 2022 seri nasional resmi digelar, Kamis (10/11). Ada 32 tim U-12 yang berisi 384 pemain berkompetisi di Lapangan Asiop Sentul Bogor.

32 tim tersebut dibagi menjadi 8 grup dengan sistem setengah kompetisi. Juara masing-masing grup melaju ke babak 8 besar dengan sistem gugur.

Selanjutnya, 4 tim terbaik berhak melaju ke semifinal dengan sistem gugur. Dua tim pemenang semifinal berhak berlaga di final untuk menentukan sang juara.

Dalam kompetisi kali ini, 12 pemain terbaik pilihan talent scounting akan berangkat ke Barcelona.

Baca Juga:

Presiden Jokowi Bubuhkan Tanda Tangan, Jordi Amat dan Sandy Walsh Tinggal Diambil Sumpah WNI

Proses Naturalisasi Shayne Pattynama Masuk Tahap Persetujuan Presiden Jokowi

“Saya sangat senang di sini, saya melihat banyak pemain berpotensi dari Indonesia. Saya berharap tiga hari ke depan semua peserta menampilkan performa terbaik. Saya melihat semua peserta tersenyum dan mencintai sepak bola untuk menuju Barcelona. Saya berharap pemain terbaik yang terpilih menjadikan sepak bola sebagai passion pergi ke Barcelona bersama kami,” kata CEO NYXS Tony Kim di Lapangan Asiop Sentul Bogor, Kamis (10/11).

“Saya yakin dari sini akan dapat generasi penerus Lionel Messi, Neymar Jr, ataupun Son Heung Min. Hanya, saya berpesan jika nanti para pemain sudah jadi superstar, jangan lupakan saya," tambahnya.

Melawan Klub Eropa di Barcelona

NYXS BLiSPI Cup 2022 resmi dibuka. (Istimewa)

Nantinya, 12 pemain terbaik akan melawan klub-klub seperti Barcelona, Valencia, Benfica, Paris Saint-Germain, hingga Sporting Lisbon di Barcelona, Spanyol. Mereka mengikuti kompetisi bertajuk Tic Tac Cup, 16 sampai 18 Desember 2022.

“Jadi di Barcelona tanggal 16 sampai 18 Desember 2022 ada Tic Tac Cup. Ini sebenarnya seleksi scouting besar di Spanyol untuk mencari pemain top. Ada dua tahap, nasional dan internasional,” Direktur ASEAN NYXS Khairul Asyraf.

“Kami langsung masuk nasional, di sana akan ada klub Barcelona Real Madrid, Benfica, PSG, Sporting Lisbon, dan satu dari Jepang. Kami mendapat jatah itu karena jaringan NYXS yang besar.”

“Selepas ini, (soal scouting Eropa) itu kan kami tidak bisa menjanjikan. Asal mereka dapat di situ scouting besar, yasudah. Kita tahu sepak bola Eropa punya tekhnologi tinggi, tetapi kita (Indonesia) punya bakat alamnya yang kuat tinggi, scout (Eropa) bisa lihat dan ambil dari itu (BLiSPI X NYXS),” tambahnya.

Penghargaan Para Juara BLiSPI X NYXS

NYXS BLiSPI Cup 2022 resmi dibuka. (Istimewa)

Ketua Panitia Pelaksana NYXS BLiSPI CUP 2022, M Jaelani Saputra, menjelaskan selain 12 pemain yang terpilih, pihaknya juga memberikan apresiasi kepada para juara.

“Selain juara, kita akan berikan apresiasi untuk best player, topskor, best goal keeper, selain ada uang pembinaan sebagai bentuk apresiasi para tim yang sudah datang dan menang ke seri Nasional. Apresiasi ini sebagai motivasi," ujar Jaelani.

Lahirkan Calon Pemain Timnas Indonesia hingga Talenta Eropa

NYXS BLiSPI Cup 2022 resmi dibuka. (Istimewa)

Di sisi lain, Ketua Umum BLiSPI, Subagja Suihan, mengatakan ajang ini bisa menjadi regenerasi bintang di Timnas Indonesia. Kata dia, BLiSPI sudah melahirkan para bintang Timnas Indonesia.

Alhamdullilah pada kesempatan ini kami menyelesaikan pembukaan atas kerja sama BLiSPI dengan NYXS, menjalankan program usia dini dan muda. Sudah 10 tahun BLiSPI merambah usia dini dan muda. Tahun pertama awal 2015 lewat Piala Menpora, kami melahirkan sosok superstar yang sekarang dikenal, yakni Egy Maulana Vikri,” kata Subagja.

“Lalu, BLiSPI melahirkan 12 pemain yang support ke Timnas Indonesia (U-16) ketika juara (Piala AFF U-16 2018) di Sidoarjo, ketika itu talent scoutingnya langsung Fakhri Husaini. Kami melahirkan Bagas (Kaffa), Bagus (Kahfi), sampai David Maulana.”

“Kerja sama BLiSPI dengan NYXS diharapkan bisa melahirkan bibit-bibit baru, pengganti para seniornya. Terakhir di tahun 2019, melalui Piala Menpora, kami melahirkan pemain yang menjadi juara Piala AFF (U-16) 2022 di Sleman, yakni Ridzhar Nurviat Subagja, maaf itu saya sebutkan karena anak didik saya, Kafiatur Rizky, dan Muhammad Tegar Islami,” tutupnya.

Tony Kim pun menunjukkan komitmennya lewat ajang ini, NYXS bisa melahirkan para talenta Indonesia yang akan berkiprah di Eropa.

Ya, saya berpikir para pemain Indonesia (di BLiSPI X NYXS) berkesempatan untuk punya peluang 5 atau 10 tahun ke depan (main di Asia atau Eropa) dari sekarang. Saat ini punya kesempatan untuk lebih baik lagi soal peralatan, lapangan, hingga kepelatihan,” ujarnya.

“Saya berpikir NXYS bisa membantu meningkatkan level pemain Indonesia dari U-12, lebih baik lagi dalam edukasi dan kompetisi sepak bola. Kami akan melahirkan pemain yang bermain di Eropa, bukan K League atau J League , saya ingin pemain Indonesia akan bermain di Premier League 5 atau 10 tahun lagi.”

Sepak Bola
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.022

Bagikan