Piala Asia U-23 2024

Nathan Tjoe-A-On Kembali ke SC Heerenveen, PSSI Angkat Bicara

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Senin, 22 April 2024
Nathan Tjoe-A-On Kembali ke SC Heerenveen, PSSI Angkat Bicara
Nathan Tjoe-A-On. (PSSI)

BolaSkor.com - Pemain Timnas Indonesia U-23, Nathan Tjoe-A-On, kembali ke Belanda setelah memperkuat Garuda Muda pada laga terakhir Grup A Piala Asia U-23 2024 kontra Yordania U-23 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Minggu (21/4).

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, mengkonfirmasi hal tersebut. Arya membenarkan bahwa Nathan sudah kembali ke klubnya, SC Heerenveen.

Hal ini bisa terjadi karena berdasarkan komunikasi Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dengan SC Heerenveen, Nathan hanya diizinkan bergabung dengan Timnas Indonesia U-23 sampai berakhirnya babak fase grup.

Timnas Indonesia U-23 sudah mengakhiri babak tersebut dengan mengalahkan Yordania U-23 secara telak 4-1. Hasil itu memastikan Garuda Muda keluar sebagai runner-up Grup A dan berhak atas satu tempat di babak 16 besar.

"Memang kemarin kita melobi klubnya Nathan itu dan dari hasil lobi tersebut memang awalnya mereka berat sekali untuk melepas Nathan," kata Arya Sinulingga dalam keterangannya kepada awak media.

"Dan pak ketum (PSSI, Erick Thohir-Red) itu minta (izin) langsung (kepada Heerenveen), ya, minimal (sampai Timnas U-23) lolos delapan besar karena kan target awal kita di sana," ujar Arya menambahkan.

Baca Juga:

Korsel atau Jepang Calon Lawan Timnas Indonesia U-23 di Perempat Final Piala Asia U-23 2024

Hasil Piala Asia U-23 2024: Bungkam Yordania, Timnas Indonesia U-23 Cetak Sejarah Lolos Perempat Final

Kata Shin Tae-yong Usai Timnas U-23 ke Perempat Final Piala Asia U-23

Arya berujar bahwa tidak mudah meyakinkan klub-klub di luar negeri seperti Heerenveen untuk melepas pemainnya ke Piala Asia U-23 2024. Sebab, ajang itu bukan turnamen resmi FIFA, sehingga klub tidak ada kewajiban memberikan pemainnya ke tim nasional.

Namun, Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI ingin Timnas Indonesia U-23 diperkuat pemain-pemain terbaik. Akhirnya dicapai kesepakatan-kesepakatan tertentu, yang salah satu contohnya adalah izin bagi Nathan hanya sampai babak fase grup berakhir.

"Jadi pak ketum ini berusaha sekali supaya Nathan ini bisa bermain (untuk membantu timnas) mencapai target yang sudah ditargetkan ke Shin Tae-yong, makanya pak ketum kemarin sangat mengupayakan ke klubnya Nathan untuk melobi (Nathan) bisa bermain (di Piala Asia U-23 2024) karena sebelumnya mereka enggak mau lepas karena bukan agenda FIFA."

"Tapi akhirnya dikasih lepas, kita minta sampai delapan besar atau saat lolos fase grup. Sekarang sudah lolos dari fase grup dan memang itu yang kemarin kita lobi ke klubnya Nathan, usaha yang kita buat seperti itu," tutur Arya Sinulingga.

Pada babak perempat final Piala Asia U-23 2024, Timnas Indonesia U-23 akan bertemu juara Grup B, yakni Korea Selatan U-23 atau Jepang U-23. PSSI kabarnya tengah melobi kembali Heerenveen supaya Nathan bisa bermain di pertandingan tersebut.

Timnas indonesia u-23 Pssi Nathan Tjoe-A-On Arya Sinulingga Piala Asia U-23 Piala Asia U-23 2024 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.348

Bagikan