Musim yang Buruk bagi Aleix Espargaro

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Selasa, 30 Mei 2023
Musim yang Buruk bagi Aleix Espargaro
Aleix Espargaro (twitter/AleixEspargaro)

BolaSkor.com – Aleix Espargaro gagal mempertahankan konsistensinya di musim 2023. Pembalap Aprilia ini tidak dapat lagi mempersembahkan hasil positif kepada timnya.

Tercatat dari awal musim ini hingga berakhirnya balapan kelima, Espargaro belum mampu mencetak hasil yang memuaskan. Pembalap asal Spanyol ini belum pernah sama sekali merebut podium.

Padahal jika dilihat melalui pencapaian yang diraihnya pada musim lalu, Aleix Espargaro tergolong sebagai pembalap yang perlu diperhitungkan. Terbukti dengan keberhasilannya menempati posisi empat besar di klasemen akhir.

Saat disinggung mengenai kendala yang dihadapinya pada musim ini, Espargaro mengaku kesulitan ini akibat permasalahan tekanan ban. Hingga kini rekan satu tim Maverick Vinales ini belum bisa mengatasi permasalahan tersebut.

“Masalah ini mempengaruhi semua rencana. Namun saya pikir Yamaha dan Aprillia lah yang paling kesulitan dengan motornya. Motor ini sangat cepat ketika berada di apex dan seperti menggelinding ke tikungan tanpa memiliki kekuatan untuk menghentikannya,” kata Espargaro, dikutip dari speedweek.com.

“Di siai lain, pabrikan lawan mengerem dengan keras hingga ke apex, lalu berakselerasi di poin terendah dengan torsi yang lebih banyak,” tambahnya.

Espargaro menuturkan sudah melakukan berbagai cara untuk mengatasi permasalahan ini. Namun sayangnya upaya yang dilakukannya belum membuahkan hasil.

“Selama tes hari Senin di Jerez, saya mencoba meletakkan beban lebih di roda bagian belakang. Saya juga melakukan tes menggunakan pompa rem yang berbeda agar bagian belakang motor dapat mengunci lebih baik,” jelas Espargaro.

“Kita mencoba banyak hal karena ini bukan permasalahan mengenai kecepatan, karena aspek itu sudah kita miliki. Ini lebih kepada balapan di hari Minggu. Akan sulit mengatasi masalah ini,” lanjutnya.

Sebagai informasi, saat ini Aleix Espargaro menempati posisi ke-11 dalam klasemen sementara musim 2023. Tercatat pembalap berumur 33 tahun ini hanya mampu mengoleksi total 42 poin.

Penulis: Bintang Rahmat

Motogp Aleix Espargaro
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.125

Bagikan