Muncul Dugaan Lakukan Team Order, Stoner Kritik Ducati

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Selasa, 07 November 2023
Muncul Dugaan Lakukan Team Order, Stoner Kritik Ducati
Francesco Bagnaia (twitter)

BolaSkor.com – Casey Stoner menyarankan Ducati untuk tidak campur tangan dalam duel sengit memperebutkan gelar juara musim 2023 antara Francesco Bagnaia dan Jorge Martin. Menurut legenda MotoGP itu, kehadiran Ducati melalui tim order justru akan membuat Bagnaia stres.

Sebagai ujung tombak tim, Bagnaia jelas menjadi anak emas Ducati dalam perebutan gelar juara musim 2023. Pabrikan yang bermarkas di Borgo Panigale ini akan melakukan apa saja untuk memuluskan jalan Bagnaia.

Hal ini lantas memunculkan rumor tidak sedap yang mengatakan Ducati akan mengeluarkan tim order. Mereka akan memerintahkan para pembalap satelit untuk berhati-hati jika berhadapan dengan Bagnaia di sisa balapan paruh kedua ini.

Isu ini lantas ditanggapi langsung oleh Stoner. Peraih gelar juara musim 2007 dan 2011 ini menilai penggunaan Team Order justru akan membuat Bagnaia merasa tertekan.

Sebab akan muncul stigma yang melekat pada Bagnaia. Publik menganggap gelar juara yang didapat Bagnai hanya sebagai hadiah semata, bukan karena kerja kerasnya selama ini.

“Ketika mereka turun ke paddock, mengelilingi timnya, Ducati tidak hanya akan meminta kepada para pembalapnya untuk tidak menciptakan masalah dan tetap di belakang rekannya saja,” kata Stoner dikutip dari gpone.com.

“Namun ini lebih kepada kontruktor yang mengontrol situasi. Saya tidak senang melihat hal ini dan jelas Bagnaia juga tidak menyukainya. Saya merasa kasihan pada Bagnaia. Mereka memberikan tekanan besar, seharusnya mereka dapat belajar banyak di area ini,” tambahnya.

Bukan tanpa alasan isu ini mencuat di penghujung musim 2023 ini. Pasalnya pada musim lalu, Ducati sempat mendapat tuduhan telah melakukan team order.

Hal ini dibuktikan saat berlansungnya MotoGP Thailand 2022. Saat itu, Johann Zarco seperti memperlihatkan praktik team order karena tidak mau menyalip Bagnaia. Padahal saat itu pembalap asal Perancis ini memiliki peluang untuk merebut podium ketiga dari tangan Bagnaia.

Kemudian saat berlangsungnya MotoGP Malaysia. Ketika itu muncul isu yang mengatakan Ducati memberikan team order agar Enea Bastianini mengalah dalam duel memperebutkan posisi pertama melawan Bagnaia.

Penulis: Bintang Rahmat

Motogp Casey Stoner Francesco Bagnaia
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.125

Bagikan