Mourinho Beri Tips kepada Emery Cara Mengeluarkan Potensi Terbaik Mesut Ozil

Arief HadiArief Hadi - Senin, 21 Januari 2019
Mourinho Beri Tips kepada Emery Cara Mengeluarkan Potensi Terbaik Mesut Ozil
Mesut Ozil (Zimbio)

BolaSkor.com - Mesut Ozil bak anomali dalam skuat Arsenal saat ini. Jika berbicara soal kualitas bermain, Ozil memiliki kualitas bermain kelas top Eropa. Tapi, tidak mudah mengeluarkan kemampuan terbaik dari pemain berusia 30 tahun itu.

Unai Emery, manajer Arsenal, menuntut konsistensi bermain dari Ozil baru-baru ini ketika ditanya alasan mengapa Ozil jarang turun sebagai starter. Mantan pemain Real Madrid baru tampil sebanyak 155 menit sejak bermain melawan Wolverhampton Wanderers November silam.

Beberapa alasan tidak memainkannya memang tidak jauh dari cedera atau kebugarannya yang belum 100 persen fit bermain. Namun di kala Ozil pulih dari cedera, ia tidak otomatis tampil sebagai starter seperti saat Arsenal masih dilatih oleh Arsene Wenger.

Dilema Emery kepada Ozil itu memunculkan spekulasi hengkang sang pemain di bursa transfer musim dingin. Ozil seolah tidak berhentinya menjadi kambing hitam kritikan sejak Piala Dunia 2018 lalu.

Baca Juga:

Jawaban Tegas Agen Mesut Ozil soal Spekulasi Hengkang dari Arsenal

Eks Arsenal Sebut Mesut Ozil seperti Tinggal Menunggu Pensiun

Arsenal 2-0 Chelsea: The Blues Tumpul, The Gunners Jaga Asa Masuk Zona Liga Champions

Mesut Ozil

Situasi yang tengah dihadapinya itu cukup unik, mengingat Ozil pernah jadi lima kali pemain terbaik Jerman dan menjuarai Piala Dunia 2014. Dia bukan pencetak gol handal atau pun perebut bola ulung.

Kemampuan terbaik Ozil adalah menjadi pembeda laga dengan visi bermain yang dibarengi operan akurat. Susah-susah gampang memainkannya karena dia tidak punya titik poin hebat dalam membantu tim bertahan.

Jose Mourinho, mantan pelatihnya di Real Madrid, coba memberi saran kepada Emery bagaimana cara memaksimalkan kemampuan terbaik alumni akademi Schalke 04 tersebut.

"Dengan saya Ozil bermain sangatlah hebat, mungkin tidak dengan Unai. Dan mungkin dengan pemain tertentu juga fenomenal dengan Unai, dan juga tidak bekerja baik dengan saya," tutur Mourinho ketika menjadi pandit sepak bola BeIN Sports.

"Saya hanya merasa Ozil tipe pemain yang membutuhkan kedua sisi itu. Jika Anda terlalu lembut dengannya, Anda kehilangan sisi agresif natural darinya. Dia tidak natural sangat kuat, pemain fisik dari sisi agresivitas."

"Tapi, jika Anda terlalu keras kepadanya, dan Anda melupakannya - dia juga membutuhkan sedikit kepedulian, dan sedikit cinta - Anda tidak menemukannya di keseimbangan yang tepat," urai eks manajer Manchester United.

Mesut Ozil di Real Madrid

Sekedar informasi, pada musim 2012-13 dengan Madrid di bawah arahan Mourinho, Ozil mencatatkan 29 assists, 26 assists di antaranya tercipta di LaLiga dan menjadi raja assists liga saat itu.

Di Arsenal pun demikian pada musim 2015-16 dan 2016-17. Di bawah asuhan Wenger, Ozil jadi pemain kunci dengan kemampuannya mengatur serangan. Jadi, saat ini Emery memang tengah berusaha mendapatkan kemampuan yang sama dari Ozil.

Breaking News Arsenal Mesut Ozil Unai Emery Jose Mourinho Real Madrid
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.294

Bagikan