Miralem Pjanic Pernah Tolak Kesempatan Bela Timnas Prancis

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Senin, 09 November 2020
Miralem Pjanic Pernah Tolak Kesempatan Bela Timnas Prancis
Miralem Pjanic (Twitter)

BolaSkor.com - Pengakuan mengejutkan disampaikan gelandang Barcelona, Miralem Pjanic. Pemain berkebangsaan Bosnia-herzegovina tersebut ternyata sudah sangat dekat untuk membela Timnas Prancis.

Momen itu terjadi pada awal karier profesional Pjanic ketika memperkuat Olympique Lyon. Ia ditawari langsung oleh pelatih Timnas Prancis kala itu, Raymond Domenech.

Domenech menangani Timnas Prancis pada periode 2004 hingga 2010. Sementara Pjanic mulai menjadi andalan Lyon pada musim 2009-2010 setelah melaoni debut satu musim sebelumnya.

Baca Juga:

Reuni 8 Pemain dengan Mantan Klub di Fase Grup Liga Champions 2020-2021

Kawal Kekalahan 8-2 Barcelona, Miralem Pjanic Nilai Hanya Kecelakaan

5 Pemain Termahal pada Bursa Transfer Musim Panas 2020

Miralem Pjanic

Itu artinya, Pjanic kemungkinan masuk rencana Domenech untuk memperkuat Timnas Prancis di ajang Piala Dunia 2010. Dalam turnamen yang berlangsung di Afrika Selatan, Les Blues berstatus unggulan usai menjadi finalis di edisi sebelumnya.

"Saya bisa saja bermain untuk timnas Prancis ketika saya tiba di Lyon, tapi saya katakan beberapa hari sebelumnya bahwa impian saya adalah Bosnia,” kata Pjanic kepada Canal+.

"Domenech menelepon saya, tapi saya sudah mengambil keputusan. Tentu saja saya berterima kasih padanya, tapi saya lebih suka realistis."

Pjanic memang punya peluang mendapatkan paspor Prancis. Hal itu tak lepas dari rekam jejaknya yang menetap di negara tersebut sejak usia dini.

Sejak kecil, Pjanic dan keluarganya memang sudah meninggalkan Bosnia dan menetap di Luxemburg. Hal itu tak lepas dari perang saudara yang terjadi di negaranya.

Pada usia 14 tahun, Pjanic pindah ke Prancis dan masuk akademi Metz. Empat tahun berselang, ia digaet Lyon yang tengah mendominasi Ligue 1.

Pjanic punya alasan kuat menolak panggilan timnas Prancis. Selain rasa cintanya kepada Bosnia, ia juga meragukan peluangnya menembus skuat inti di tim asuhan Domenech.

"Bagi saya, Prancis pada waktu itu diperkuat terlalu banyak pemain. Dan itu akan menyakiti hati saya karena di sisi lain, Bosnia menyaksikan salah satu pemainnya sendiri membela timnas Prancis," pungkasnya.

Miralem pjanic Timnas Prancis Timnas Bosnia-Herzegovina Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan