Michelin Tepis Tudingan Jorge Martin

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Selasa, 19 Desember 2023
Michelin Tepis Tudingan Jorge Martin

BolaSkor.com – Michelin akhirnya angkat bicara terkait kritik yang beredar akibat kasus Jorge Martin. Perusahaan ban asal Prancis ini dengan tegas menepis tuduhan yang menyebut bannya tidak memiliki kualitas standar MotoGP.

Sebagaimana diketahui pada paruh kedua musim 2023, tepatnya saat MotoGP Qatar, Jorge Martin sempat meluapkan amarah kepada Michelin karena kualitas ban yang buruk. Pembalap asal Spanyol itu bahkan menuding Michelin sebagai biang kerok kegagalannya saat itu.

Wajar kiranya Martin melontarkan tuduhan itu. Pasalnya pada balapan utama, performa Martin menurun secara signifikan. Tercatat ketika itu Martin hanya bisa finish di posisi sepuluh. Padahal saat menjalani sprint race, rekan satu tim Johann Zarco itu bisa merebut podium pertama.

Mendengar tuduhan ini, Manager Roda Dua Michelin, Piero Taramasso akhirnya memberikan responsnya. Taramasso mengaku tuduhan yang dilontarkan Martin mengada-ngada karena tidak menemukan cacat produksi pada bannya.

“Kita menganalisis proses produksi, quality control, rute transport, dan sejarah dari bannya, apakah sudah dipanaskan atau belum. Tidak ada satu pun masalah dalam produksi maupun kualitas. Ban yang tidak bekerja juga tidak akan bisa berjalan saat menjalani melakukan pemanasan, dan artinya kamu lebih lambat dari lap sebelumnya,” tutur Taramasso.

“Saat enam hingga tujuh lap pertama, biasa saja. Dari empat hingga delapan lap dia melaju sepanjang waktu seperti Bagnaia. Awal start terlihat salah, tetapi dia sempat menempati posisi ketiga dan keempat. Jika ban bermasalah, jelas hal ini tidak mungkin”.

“Sisanya mungkin karena faktor saat balapan yang membuat performa ban belakang menurun, lalu ke ban depan yang pada akhirnya mengakibatkan dia melaju lebih lambat,” sambungnya.

Taramasso bahkan mengaku telah melakukan beberapa tindakan untuk membuktikan ban Michelin tidak cacat secara kualitas. Salah satunya dengan mengundang beberapa pihak terkait untuk datang melihat proses produksi bannya.

“Saya mengundang smeua orang, pembalap, teknisi, dan jurnalis untuk datang ke Perancis melihat di mana dan bagaimana ban di produksi. Kita telah melakukan upaya besar untuk memaksimalkan kualitas dan meyakinkan ban bisa bekerja dengan baik,” jelas Taramasso.

“Kita tidak ingin iklan yang jelek. Kita hanya ingin memuaskan para pembalap. Kita juga tidak berinvestasi milyaran hanya untuk dituduh,” tutupnya.

Penulis: Bintang Rahmat

Motogp Jorge Martin
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.163

Bagikan