Menpora Tinjau Kesiapan Solo Gelar ASEAN Para Games 2022, Gibran: Tenang Saja

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Senin, 20 Juni 2022
Menpora Tinjau Kesiapan Solo Gelar ASEAN Para Games 2022, Gibran: Tenang Saja
Menpora RI, Zainudin Amali saat memberikan keterangan pers bersama Gibran Rakabuming dan pengurus NPC Indonesia. (BolaSkor.com/Putra Wijaya)

BolaSkor.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainudin Amali, senang dengan kesiapan Kota Solo sebagai tuan rumah ASEAN Para Games (APG) XI 2022. Jaminan venue siap bahkan diberikan langsung Walikota Solo, Gibran Rakabuming.

Zainudin Amali bertemu Gibran dalam rapat koordinasi yang turut melibatkan NPC Indonesia, INASPOC, Pemkot Solo dan Pemprov Jawa Tengah, Minggu (19/6).

Dari laporan yang diterimanya, persiapan berjalan dengan maksimal. Zainudin Amali punya rencana untuk meninjau langsung dua venue APG 2022 pada Senin (20/6) pagi.

"Kita dapat menyimpulkan untuk sementara bahwa persiapan sudah berjalan dan Insyaallah diharapkan kita bisa sukses penyelenggaraan, sukses prestasi dan sukses administrasi," kata Zainudin Amali, Minggu (19/6).

Baca Juga:

Wakil Indonesia Berguguran Tak Bersisa, PBSI Angkat Bicara

Menanti Anthony Ginting Bangkit Kembali

Jaminan penyelenggaraan datang langsung dari orang nomor satu di Kota Solo. Kemudian, jaminan prestasi juga diberikan ketua NPC Indonesia, Senny Marbun.

Zainudin Amali pun tak meragukan NPC Indonesia dalam mencetak prestasi. Ia mengingat momen tak terlupakan di Tokyo saat Paralimpiade 2021.

"Pada Paralimpiade Tokyo, kami targetkan peringkat 60 karena saat di Rio (Brasil) tahun 2016, kita peringkat 76. Dari target peringkat 60, kita dapat berada di posisi 43 dunia," tutur Zainudin Amali.

Dalam rapat koordinasi dengan Menpora, Gibran Rakabuming menjamin kesiapan Kota Solo sebagai tuan rumah. Pria yang juga menjabat sebagai ketua INASPOC ini menyebut seluruh persiapan masih on the track.

"Intinya persiapan sudah sangat matang. Dari venue, hotel dan lain-lain sudah siap semua, termasuk opening dan closing ceremony siap. Harapannya acara ini bisa berjalan dengan lancar," jelas Gibran.

Dari 14 venue, Kota Solo dan sekitarnya menyediakan 13 venue. Sementara venue kolam renang yang sedianya ditempatkan di Karanganyar, resmi dipindahkan ke Kolam Renang Jatidiri, Semarang.

Gibran menyebut seluruh venue akan siap sebelum 15 Juli 2022. Renovasi yang berjalan saat ini hanya renovasi kecil.

"Yang dimaksud renovasi itu renovasi kecil, seperti aksesibilitas. Jadi bukan renovasi besar atau membangun dari nol. Semua akan selesai sesuai timeline yang kita tetapkan. Selesai sebelum 15 Juli, tenang saja," tegas Gibran.

Kans Indonesia menjadi juara pada APG 2022 sangat besar. Saat APG 2017 di Malaysia, Indonesia menjadi juara umum dengan perolehan medali yang jauh mengungguli Malaysia dan Thailand. (Laporan Kontributor Putra Wijaya)

Zainudin Amali Menpora Zainudin Amali ASEAN Para Games Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.083

Bagikan