Menilik Skuad Belanda di Piala Dunia 2022: Wonderkid PSV Bisa Jadi Kejutan

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 12 November 2022
Menilik Skuad Belanda di Piala Dunia 2022: Wonderkid PSV Bisa Jadi Kejutan
Timnas Belanda (Twitter)

BolaSkor.com - Negara besar sepak bola Eropa dan dunia, timnas Belanda, kembali bermain di Piala Dunia 2022 setelah absen pada 2018 karena gagal lolos kualifikasi. Kiprah Belanda cukup dinanti khususnya oleh fans dari Indonesia karena hubungan historis kedua negara.

Pelatih berusia 71 tahun, Louis van Gaal, kembali dari masa pensiun untuk menangani timnas Belanda pada periode ketiga. Dua periode sebelumnya yakni pada 2000-2001 dan 2012-2014. Van Gaal sudah mengumumkan 26 nama pemain untuk Piala Dunia 2022.

Van Gaal juga membawa wonderkid PSV Eindhoven berusia 19 tahun, Xavi Simons, yang telah menorehkan delapan gol dari 13 laga liga di Eredivisie. Sementara Donny van de Beek serta kiper senior Jasper Cillessen dicoret.

Baca Juga:

Piala Dunia 2022: Senegal Terancam Kehilangan Sadio Mane

Sadio Mane Cedera, Tidak Ada Personel Trio Firmansah di Piala Dunia 2022

Dukun Bertindak, Sadio Mane Bisa Bela Senegal di Piala Dunia 2022

Belanda berada di grup A Piala Dunia 2022 dengan Senegal, Ekuador, dan tuan rumah Qatar. Berikut nama-nama yang dibawa Van Gaal untuk Piala Dunia 2022:

Kiper

Diperdebatkan atau tidak area ini jadi titik lemah Belanda. Cillessen tidak dibawa dan Tim Krul sudah dicoret, tak ayal Van Gaal hanya bisa mengandalkan Justin Bijlow (enam caps), Remko Pasveer (dua caps), dan Noppert (tanpa caps).

Bijlow favorit untuk posisi nomor satu kiper Belanda, namun performanya belum membaik dengan Feyenoord dan punya catatan cedera. Pasveerd yang sudah berumur 39 tahun akan melapisnya.

Bek

Posisi kiper meresahkan tapi tidak untuk lini belakang. Nama-nama tenar berjejer di sana dan Van Gaal membawa sembilan bek, yakni Denzel Dumfries, Jeremie Frimpong, Matthijs de Ligt, Jurrien Timber, Virgil van Dijk, Stefan de Vrij, Nathan Ake, Daley Blind, dan Tyrell Malacia.

Kombinasi pengalaman, kualitas, dan jiwa muda ada di lini belakang Belanda. Nathan Ake, bek Manchester City, juga serba guna karena bisa jadi full-back dan juga bek tengah.

Gelandang

Tidak ada Van de Beek, Georginio Wijnaldum, dan Ryan Gravenberch di posisi ini. Tentu saja era Wesley Sneijder, Rafael van der Vaart, Nigel de Jong, atau Mark van Bommel sudah lama berlalu, tetapi Belanda tidak kehabisan stok.

Van Gaal membawa Frenkie de Jong, Steven Berghuis, Davy Klaassen, Teun Koopmeiners, Marten de Roon, Xavi Simons, dan Kenneth Taylor untuk posisi tengah. De Jong akan jadi pengatur serangan Belanda.

Sementara Koopmeiners dan De Roon sedang dalam kondisi bagus dengan performa mereka dengan Atalanta. Belum lagi dengan prospek Simons serta Taylor.

Penyerang

Jarang main di Barcelona tak mengubah keputusan Van Gaal untuk membawa Memphis Depay. Depay salah satu yang dipanggil untuk area ini selain Steven Bergwijn, Cody Gakpo, Luuk de Jong, Vincent Janssen, Wout Weghorst, dan Noa Lang.

Depay dan Bergwijn dapat menjadi andalan di area sayap serangan Belanda, sementara Janssen, De Jong, dan Weghorst bersaing untuk jadi target man di depan.

Skuad timnas Belanda di Piala Dunia 2022:

Kiper: Justin Bijlow (Feyenoord), Andries Noppert (Heerenveen), Remko Pasveer (Ajax).

Bek: Nathan Ake (Manchester City), Daley Blind (Ajax), Virgil van Dijk (Liverpool), Denzel Dumfries (Inter Milan), Jeremie Frimpong (Bayer Leverkusen), Matthijs de Ligt (Bayern Munich), Tyrell Malacia (Manchester United), Jurrien Timber (Ajax), Stefan de Vrij (Inter Milan).

Gelandang: Steven Berghuis (Ajax), Frenkie de Jong (Barcelona), Davy Klaassen (Ajax), Teun Koopmeiners (Atalanta), Marten de Roon (Atalanta), Xavi Simons (PSV Eindhoven), Kenneth Taylor (Ajax).

Penyerang: Steven Bergwijn (Ajax), Memphis Depay (Barcelona), Cody Gakpo (PSV), Vincent Janssen (Antwerp), Luuk de Jong (PSV), Noah Lang (Club Brugge), Wout Weghorst (Besiktas).

Belanda Timnas Belanda Louis van Gaal Piala dunia 2022
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.110

Bagikan