Menilik Alasan Ditundanya Debut Cristiano Ronaldo dengan Al-Nassr

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 06 Januari 2023
Menilik Alasan Ditundanya Debut Cristiano Ronaldo dengan Al-Nassr
Cristiano Ronaldo (Twitter)

BolaSkor.com - Fans Cristiano Ronaldo harus bersabar melihat pemain kesayangan mereka memainkan debutnya dengan klub Arab Saudi, Al-Nassr. Pasalnya ada sejumlah faktor yang menunda debut megabintang peraih lima Ballon d'Or tersebut.

Seperti diketahui, baru ini Al-Nassr mengenalkan Ronaldo sebagai rekrutan baru setelah kontraknya diputus Manchester United. Pemain berusia 37 tahun menjadi atlet dengan bayaran termahal dunia (200 juta euro per tahun).

Efek Ronaldo, yang dikontrak dua setengah tahun oleh Al-Nassr, langsung besar bagi fans khususnya suporter Arab Saudi untuk melihat aksi Ronaldo langsung. Akan tapi mereka harus bersabar untuk melihat aksi peraih lima trofi Liga Champions tersebut.

Baca Juga:

Cristiano Ronaldo Berpeluang Balik ke Premier League Musim Depan

Menilik Peluang Cristiano Ronaldo Menuju Newcastle United

Efek Instan Cristiano Ronaldo, Al-Nassr Kebanjiran Followers Instagram

Debut Ronaldo tidak akan terjadi dalam waktu dekat. Pertama, laga Al-Nassr melawan Al-Ta'ee pada Liga Pro Arab harus ditunda selama 24 jam (satu hari) karena masalah teknik di stadion, terkait hujan deras dan kondisi cuaca yang berpengaruh dengan listrik stadion.

Tetapi jikalaupun laga tunda itu dimainkan kembali, Ronaldo belum bisa bermain juga saat melawan Al-Shabab di laga berikutnya karena larangan bermain. Larangan bermain apa yang membuat debut Ronaldo tertunda?

Aturan FIFA

Menurut aturan FIFA pada artikel 12.1 terkait regulasi status dan transfer pemain, Ronaldo harus menghadapi hukuman lanjutan yang diterimanya di Premier League dan berlanjut di Liga Pro Arab, meski ia telah bermain di benua berbeda.

“Sanksi disiplin apapun hingga empat pertandingan atau hingga tiga bulan yang telah dikenakan pada seorang pemain oleh asosiasi sebelumnya tetapi belum (sepenuhnya) dilaksanakan pada saat transfer akan diberlakukan oleh asosiasi baru tempat pemain tersebut terdaftar, agar sanksi ditegakkan di tingkat nasional," demikian aturan di FIFA.

Hukuman atau sanksi larangan bermain yang diterima Ronaldo itu terjadi di Premier League, pada laga melawan Everton di Goodison Park. Akibat ulahnya kala membanting handphone fans, Ronaldo dihukum dua larangan bertanding.

Alhasil Ronaldo akan absen saat melawan Al-Ta'ee dan Al-Shabab (15/01). Legenda Real Madrid dan Juventus itu baru bisa memainkan debutnya dengan Al-Nassr pada 23 Januari 2023, saat melawan Ettifaq.

Ronaldo Cristiano Ronaldo Al-Nassr
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.374

Bagikan