Menguak Fenomena Eksodus Pemain dari Liga Arab Saudi

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Kamis, 18 Januari 2024
Menguak Fenomena Eksodus Pemain dari Liga Arab Saudi
Jordan Henderson (Twitter)

BolaSkor.com - Liga Arab Saudi mulai menghadapi tantangan. Sejumlah pemain yang sebelumnya berasal dari liga-liga top Eropa diisukan ingin hengkang. Lantas, apa yang menyebabkan bermain di Arab Saudi tidak kerasan?

Liga Arab Saudi menjadi fenomena baru di dunia sepak bola. Klub-klub yang berpartisipasi di sana memiliki kekuatan finansial yang sangat besar untuk mendatangkan pemain-pemain incaran, termasuk dari liga-liga top Eropa.

Cristiano Ronaldo, Neymar, Ruben Neves, Sergej Milinkovic-Savic, Edouard Mendy, Sadio Mane, dan Franck Kessie adalah sejumlah nama besar yang bergabung ke Saudi Pro League. Gaji selangit tentu menjadi satu di antara daya tarik terbesar.

Baca Juga:

Franz Beckenbauer, Denyut Nadi Sepak Bola Jerman

Transfer Pemain Juventus Berakhir, Mantan Kapten Liverpool Merapat ke Ajax Amsterdam

Juventus Siap Tampung Jordan Henderson

Namun, kini gelombang eksodus pemain mulai terasa. Pemain-pemain bintang tersebut ingin hengkang dari Saudi Pro League.

Jordan Henderson adalah nama yang paling santer dikabarkan belakangan ini. Mantan pemain Liverpool itu diisukan tidak nyaman bermain di Al-Ettifaq FC. Bahkan, Henderson diyakini sudah sepakat bergabung dengan Ajax Amsterdam.

Selain itu, Roberto Firmino dan Karim Benzema juga dilaporkan ingin angkat kaki. Keduanya sudah punya tujuan masing-masing. Jika Benzema tertarik kembali ke Eropa, Firmino dikaitkan dengan beberapa klub di Brasil.

Tidak ada asap jika tidak ada api. Tentu ada penyebab kenapa pemain-pemain itu ingin hengkang.

Alasan pertama adalah faktor budaya dan gaya hidup yang jauh berbeda. Hal itu bisa menyebabkan para pemain tidak nyaman menjalani hidup di luar lapangan. Apalagi, ada beberapa peraturan yang berbeda dibanding negara sebelumnya.

Faktor rindu dengan keluarga juga bisa jadi alasan lainnya. Tidak hanya keluarga inti, tetapi juga keluarga besar. Sebab, sulit memboyong seluruh keluarga di negara yang punya kultur berbeda.

View this post on Instagram

A post shared by Bolaskor.com (@bolaskorcom)

Kompetisi yang dianggap tidak lebih kompetitif dari Eropa juga bisa menjadi penyebab berikutnya. Para pemain tersebut merindukan kompetisi yang dihuni banyak pemain besar dengan level tertinggi.

Oleh karena itu, bukan pemandangan yang aneh jika semakin banyak pemain pergi dari Saudi Pro League.

Karim Benzema Jordan henderson Breaking News
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.532

Bagikan