Mengenal Savio, Talenta Baru Manchester City yang Disandingkan dengan Vinicius Junior

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 07 Februari 2024
Mengenal Savio, Talenta Baru Manchester City yang Disandingkan dengan Vinicius Junior
Savio (Twitter)

BolaSkor.com - Peraih treble winners 2022-2023, Manchester City, merupakan salah satu tim terbaik di dunia saat ini dan masih memiliki skuad yang kompetitif. Terlebih, The Citizens juga dibesut pelatih top Eropa, Pep Guardiola.

Kendati masih memiliki kekuatan yang disegani lawan di Inggris dan Eropa, mendominasi atas lawan-lawannya, Man City juga menatap masa depan dengan mulai mencari talenta yang dapat jadi suksesor untuk pendahulunya.

Claudio Echeverri, talenta dari Argentina yang kerap dibandingkan dengan Lionel Messi, telah berhasil diamankan Man City dari River Plate. Menyusul Echeverri adalah penyerang bernama lengkap Savio Moreira de Oliveira alias Savio.

Baca Juga:

5 Calon Kuat Pengganti Jurgen Klopp di Liverpool

Kevin De Bruyne Kembali, Peluang Juara Manchester City Menguat

Kalvin Phillips dan 5 Rekrutan Gagal Pep Guardiola

"Ekslusif: Manchester City sepakat pada kesepakatan untuk merekrut Savio dari klub orang tua, Girona, pada musim panas (2024). Dokumen akan ditandatangani pada beberapa hari ke depan," papar Fabrizio Romano.

"Kendati ada tawaran dari Jerman dan klub-klub Inggris, Savio akan bergabung dengan Man City. Dia sekarang 100 persen fokus dengan Girona untuk mengakhiri musim dengan cara terbaik."

Savio, 19 tahun, talenta dari Brasil yang kerap dibandingkan dengan winger Real Madrid, Vinicius Junior. Ia juga berkembang dengan Michel, pelatih Girona, dan sejauh ini mencatatkan tujuh assists dan tujuh gol dari 27 laga di seluruh kompetisi. Girona juga bertarung - sebagai kuda hitam - untuk titel LaLiga.

Siapa Savio?

Lahir di Sao Mateus, Brasil, pada 10 April 2004, Savio berusia 19 tahun dan beroperasi sebagai penyerang sayap kiri dan berkaki kidal. Kaki kidalnya itu dapat menjadikannya sebagai winger kanan (inverted winger) dan juga sebagai gelandang serang.

Savio datang dari akademi Atletico Mineiro sebelum pindah ke Eropa pada Juli 2022. Troyes merekrutnya sebesar 6,5 juta euro dan itu menjadikannya bagian dari Grup Sepak Bola City, yang memiliki klub seperti Man City, Troyes, Girona, New York City, Melbourne City, dan Palermo.

Savio belum pernah membela tim senior Troyes karena ia dipinjamkan ke Jong PSV, PSV Eindhoven, dan kini dengan Girona. Ia juga membela timnas usia muda Brasil U-16 dan U-17 sebelum naik ke tim U-20 pada 2021.

“Diberitahu oleh (Direktur Olahraga Barcelona) Deco menyukai salah satu pemain Anda (Savio) adalah hal yang baik dan membuat Anda bangga," ucap Direktur Olahraga Girona, Quique Carcel.

"Itu sudah terjadi pada kami musim lalu dengan Oriol Romeu, tapi tujuan kami adalah mempertahankan para pemain ini karena mengubah seluruh skuad itu sulit."

Performa dan Gaya Main

Dilansir oleh WhoScored, Savio telah menjadi pemain ketiga terbaik Girona di LaLiga musim ini dengan rating 7,21. Dia berada di atas statistik klub di liga dengan tujuh assists, serta dribel bola per laga (2,7), juga yang kedua sebagai pemberi operan kunci per laga (1,2).

Savio akan menjadi tambahan bernilai untuk investasi jangka panjang Man City. Pada usia belum genap 20 tahun, Savio menjadi momok pertahanan tim-tim lawan di LaLiga hingga ia kerap dibandingkan dengan seniornya, Vinicius Junior.

Variasi bermain Savio juga menjadi nilai lebih. Ia tidak cenderung monoton menusuk dari sisi sayap dan coba melewati lawan, tetapi juga bisa memberi umpan silang dan bermain di posisi berbeda (fleksibel) di lini depan.

Kecepatan melewati lawan juga menjadi salah satu kemampuan terbaiknya. Masa depan Man City, pada posisi penyerang sayap, aman dengan adanya Savio, Echeverri, serta pemain yang ada dalam skuad terkini, Jeremy Doku.

Manchester City Girona Sosok Savio
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

11.881

Bagikan