Menanti Jamal Murray di Jakarta

Andhika PutraAndhika Putra - Rabu, 14 Juni 2023
Menanti Jamal Murray di Jakarta

BolaSkor.com - Jamal Murray akhirnya berhasil menggapai target yang dibidiknya pada tahun ini. Guard Denver Nuggets ini mengantarkan timnya menjuarai kompetisi NBA musim 2022/2023 dengan mengalahkan Miami Heat 4-1. Kepastian kemenangan Denver Nuggets terjadi pada Selasa (13/6/2023) pagi saat mengalahkan Miami Heat 94-89 pada game kelima di Pepsi Center, Denver.

Pencapaian ini sangat disyukuri oleh Jamal Murray yang selama hampir dua musim menepi akibat cedera ACL. Ia baru kembali membela Denver Nuggets pada akhir tahun lalu. Namun sejak kembali, Murray tampil mengesankan. Sepanjang regular season musim ini, ia mencetak 20 poin, 6,2 assist, dan 4 rebound per game.

Statistik Jamal Murray menanjak saat playoff 2023. Bermain dalam 19 game, ia mencetak 26,7 poin, 7,1 assist, dan 5,5 rebound per game untuk membantu Denver Nuggets juara pertama kalinya di kompetisi NBA sejak berdiri pada 1967.

Dengan pencapaian ini, Murray bisa mengikuti jejak Lamar Odom dan Marc Gasol yang menjadi juara NBA dan FIBA World Cup pada tahun yang sama. Lamar Odom melakukannya pada 2010 bersama LA Lakers dan timnas basket Amerika Serikat, sementara Marc Gasol menyamai rekor unik ini pada 2019 memperkuat Toronto Raptors dan timnas Spanyol.

Murray adalah anggota timnas basket Kanada. Ia membela Kanada sejak usia 16 tahun, mempersembahkan perunggu pada kejuaraan FIBA Americas U-16 tahun 2013. Dua tahun kemudian, Murray mengantarkan Kanada meraih perak Pan American Games. Setelah di-draft Denver Nuggets pada 2016, ia absen membela Kanada. Murray sempat masuk dalam roster besar Kanada, tapi kemudian absen di FIBA World Cup 2019. Gangguan engkel beberapa hari menjelang persiapan menghalanginya beraksi di Cina.

Pada 2022, Murray bersama sejumlah pemain bintang lainnya yang bermain di NBA, antara lain RJ Barrett dan Shai Gilgeous-Alexander, menandatangi komitmen untuk membela timnas Kanada hingga tiga tahun menuju Olimpiade 2024. Program ini diluncurkan Federasi Bola Basket Kanada demi membentuk timnas yang solid dengan bermaterikan pemain-pemain kelas satu dari negara mereka.

Untuk FIBA World Cup, Murray dapat memulai kiprahnya dengan membela Kanada dalam pertandingan pembuka Grup H melawan Prancis. Laga ini akan digelar di Indonesia Arena pada 25 Agustus, sekaligus menjadi game pembuka FIBA World Cup yang digelar di Jakarta.

Pelatih Kanada Nick Nurse pun berharap banyak akan kehadiran Murray dalam tim. Ia mengatakan kehadiran Murray dan mayoritas pemain Kanada yang bermain di NBA akan memperkuat peluang timnya mencapai hasil terbaik di FIBA World Cup.

Terlebih, posisi terbaik di FIBA World Cup dapat berbuah tiket otomatis berlaga di Olimpiade 2024 Paris. Jika tak ada kendala berarti, penggemar NBA dan bola basket bisa menyaksikan aksi-aksi Murray di Jakarta.

Breaking News Piala Dunia FIBA 2023 FIBA
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.254

Bagikan