Piala Asia 2023

Menanti Gebrakan 'Young Guns' Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Senin, 08 Januari 2024
Menanti Gebrakan 'Young Guns' Timnas Indonesia di Piala Asia 2023
Selebrasi gol Yakob Sayuri saat Timnas Indonesia melawan Libya. (PSSI)

BolaSkor.com - Genderang tabuh Piala Asia 2023 Qatar akan dimulai 4 hari laga. Pesta terakbar sepak bola Asia itu akan dimulai pada 12 Januari sampai 10 Februari 2024.

Timnas Indonesia menjadi salah satu dari 24 peserta di Piala Asia 2023. Skuad Garuda menghuni Grup D, bersaing bersama Jepang, Irak, dan Vietnam.

Baca Juga:

Sepekan Jelang Laga Perdana Timnas di Piala Asia 2023, Shayne Pattynama Belum Beri Kepastian Bergabung

Timnas Indonesia Latihan Perdana di Qatar, Shin Tae-yong Tancap Gas Menuju Piala Asia

Indonesia berjumpa Irak pada laga perdana yang digelar di Ahmad bin Ali Stadium, 15 Januari. 4 hari berikutnya, Asnawi Mangkualam Bahar dkk. menantang Vietnam di Abdullah bin Khalifa Stadium. Terakhir, Indonesia melawan Jepang di Al Thumama Stadium, 24 Januari.

Skuad Garuda datang dengan persiapan pemusatan latihan (TC) selama hampir dua minggu di Turki, dari 20 Desember 2023 sampai 6 Januari 2024. Dua laga uji coba sudah dijalankan Garuda dengan hasil dua kekalahan dari Libya (0-4 dan 1-2). Satu laga uji coba terakhir yakni melawan Iran pada Selasa (9/1) esok.

"Memang dalam laga ini saya gunakan formasinya untuk antisipasi lawan Irak, dan semua pemain bekerja keras. Di luar dari hasilnya, saya puas atas performa pemain malam ini." Shin Tae-yong - Pelatih Timnas Indonesia

Grafis Rataan Umur Peserta Piala Asia 2023. (BolaSkor.com/Bina Aldimiola)

Skuad Termuda

Shin Tae-yong sangat percaya diri menatap Piala Asia 2023, meskipun dua laga uji coba melawan Libya kalah. Ia pun percaya diri dengan skuad Timnas Indonesia yang memiliki rataan umur termuda di Piala Asia 2023.

Menurut data FootyRankings, Timnas Indonesia memiliki rataan umur pemain 24,33 tahun. Jauh dari Lebanon yang menjadi tim dengan rataan umur tertua, yakni 29,76 tahun.

Ada tiga pemain yang berumur 19 tahun di Skuad Garuda, yakni Marselino Ferdinan, Hokky Caraka, dan Ivar Jenner. Kemudian ada sembilan pemain berusia 20 sampai 23 tahun. Mereka antara lain Elkan Baggott (21 tahun), Rizky Ridho (22), Witan Sulaeman (22), Egy Maulana Vikri (23), Rafael Struick (20), Pratama Arhan (22), Ramadhan Sananta (21), Ernando Ari Sutaryadi (21) dan Justin Hubner (20).

"Memang secara keseluruhan kami sudah melakukan regenerasi, jadi saya yakin sepak bola Indonesia pasti bisa berkembang jika kami bisa berprestasi di Piala Asia ini dengan pemain-pemain muda." Shin Tae-yong - Pelatih Timnas Indonesia.

Grafis Marselino Ferdinan. (BolaSkor.com/Bina Aldimiola)

Grafis Jordi Amat. (BolaSkor.com/Bina Aldimiola)

Marselino Ferdinan menjadi pemain termuda di Skuad Garuda dengan kelahiran 9 September 2004. Sedangkan Jordi Amat jadi pemain tertua dengan kelahiran 21 Maret 1992.

Adapun pemain termuda di Piala Asia 2023 adalah striker Kirgiztan, Beknaz Almazbekov (18 Tahun, 203 Hari). Lalu pemain tertua jatuh kepada senior timnas India, Sunil Chhetri (39 Tahun, 162 Hari).

Uniknya laga, Asnawi Mangkualam Bahar menjadi kapten termuda di Piala Asia 2023 dengan umur 24 tahun 100 hari, per 4 Januari 2024.

Grafis Asnawi Mangkualam. (BolaSkor.com/Bina Aldimiola)

Datang ke Qatar dengan skuad termuda, Timnas Indonesia harus bisa mengambil poin dari Vietnam dan Irak. Kalau Jepang, ya semoga ada keajaiban.

Dengan begitu, paling tidak Timnas Indonesia berharap 4 posisi peringkat ketiga terbaik untuk melaju ke babak 16 besar.

"Kalau lawan Vietnam seharusnya kansnya bisa menang, kita kan selevel. Kalau lawan Irak berkaca kemarin (Kualifikasi Piala Dunia 2026), kita kalah lima gol (1-5), jangan terlalu berharap. Tapi keajaiban selalu ada, bisa mencuri poin," kata Pengamat Sepak Bola Nasional, Kesit Handoyo.

Umur para pemain Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. (BolaSkor.com/Bina Aldimiola)

Mungkin semoga saja, Young Guns Timnas Indonesia dapat menunjukkan penampilan terbaik dan meraih tiket babak 16 besar, sesuai target yang dicanangkan PSSI.

Setelah itu, bisa meraih trofi, paling tidak Piala AFF Senior. Jangan Young Guns-Young Guns tapi tanpa trofi bergengsi.

Tulisan ini menggabungkan fakta dan opini penulis

Timnas Indonesia Piala Asia 2023 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.047

Bagikan