Menang di BAORI, Agus Suparmanto Dilantik sebagai Ketua Umum PB IKASI 2022-2026

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Sabtu, 24 Juni 2023
Menang di BAORI, Agus Suparmanto Dilantik sebagai Ketua Umum PB IKASI 2022-2026
Ketum PB IKASI Agus Suparmanto (kanan) bersalaman dengan Ketua KONI Pusat, Marciano Norman. (PB IKASI)

BolaSkor.com - Agus Suparmanto ditetapkan sebagai Ketua umum Pengurus Besar (PB) Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) periode 2022-2026. Penetepan ini berdasarkan surat keputusan Nomor : 05/P.BAORI/XII/2022 pada 25 Mei 2023 yang dikeluarkan Majelis Arbitrase Badan Arbitrase Olahraga Indonesia (BAORI).

Putusan dari BAORI itu pun sudah didaftarkan ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dengan Akta Pendaftaran Putusan Arbitrase No. : 06/WASIT/AD-HOC/2023/PN.JKT.PST tertanggal 20 Juni 2023 yang bersifat final.

Kuasa hukum PB IKASI Charles Sijabat mengungkapkan ada beberapa poin yang tercantum dalam surat keputusan tersebut salah satunya adalah menyatakan bahwa Musyawarah Nasional (Munas) PB IKASI yang dilaksanakan pada tanggal 3 Desember 2022 di Bali dengan agenda menetapkan Agus Suparmanto sebagai Ketua Umum PB IKASI periode 2022-2026 adalah sah dan berdasarkan hukum.

“Dengan adanya putusan dari BAORI ini klien kami secara sah menjabat sebagai Ketua Umum PB IKASI masa bakti 2022-2026 dan keputusan ini bersifat final dan mengikat, ya, kita harus sama-sama menghormati putusan tersebut," kata Charles.

Suasana pelantikan kepengurusan PB IKASI periode 2022-2026 dengan Ketua Umum Agus Suparmanto. (PB IKASI)

Dalam surat putusannya BAORI juga menyatakan bahwa Musyawarah Nasional Lanjutan yang dilaksanakan oleh para penggugat yang memilih Amir Yanto sebagai Ketua Umum IKASI periode 2022-2026 adalah cacat hukum dan tidak memiliki kekuatan mengikat.

“Berdasarkan hal tersebut maka dilarang dengan keras untuk memakai dan menggunakan nama serta lambang IKASI tanpa persetujuan klien kami dan juga melakukan setiap kegiatan yang mengatasnamakan Pengurus Besar IKASI periode 2022-2026 di dalam dan luar negeri. Apabila ada yang melanggar hal tersebut di atas maka kami akan melakukan upaya hukum sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku," ujar Charles.

Dengan adanya putusan ini, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) secara resmi melantik dan mengukuhkan Agus Suparmanto sebagai Ketua Umum Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) untuk masa bakti 2022-2026 yang berlangsung di Kantor KONI Pusat, Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Jumat (23/6).

Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman berharap ke depannya kegaduhan organisasi dan pengurus harus ditinggalkan. Para pemangku kepentingan di PB IKASI harus konsentrasi untuk bisa melahirkan atlet-atlet anggar yang bisa memberikan prestasi untuk Indonesia di ajang internasional.

harus konsentrasi bagaimana menyatukan cara untuk bisa melahirkan atlit atlit anggar Indonesia yang membuat Indonesia bangga.

“Kita harus fokus karena Anggar ini merupakan olahraga yang masuk olimpiade, sehingga para pengurus organisasi perlu bekerja keras, memanfaatkan peluang yang ada, serta membawa atlet-atlet anggar Indonesia meraih prestasi dalam berbagai event olahraga, baik skala regional seperti SEA Games dan Asian Games, maupun event dunia seperti Olimpiade dan kejuaraan yang diselenggarakan oleh Federasi Anggar Internasional," tandas Marciano.

Anggar KONI Koni pusat Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.318

Bagikan