Menakar Peluang Jurgen Klopp Jadi Pelatih Baru Barcelona

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Senin, 05 Februari 2024
Menakar Peluang Jurgen Klopp Jadi Pelatih Baru Barcelona
Jurgen Klopp (Twitter)

BolaSkor.com - Jurgen Klopp disebut-sebut menjadi satu di antara kandidat pelatih anyar Barcelona. Lantas, bagaimana peluang juru taktik asal Jerman itu membesut Blaugrana pada musim depan?

Barcelona dan Xavi Hernandez sepakat berpisah pada akhir musim ini. Keputusan itu diambil setelah Xavi mengajukan pengunduran diri. Xavi meyakini Barcelona akan tetap sukses meski tanpanya.

Pertanyaan berikutnya yang mencuat adalah siapa sosok pengganti Xavi. Dari beberapa nama yang beredar, Jurgen Klopp menjadi satu di antara kandidat. Ia akan meninggalkan Liverpool pada akhir musim ini.

Direktur Barcelona, Deco, merespons kans Klopp menukangi Barcelona. Namun, ia enggan berbicara lebih jauh.

Baca Juga:

5 Alasan Barcelona Pantang Memecat Xavi

Presiden Barcelona Berbohong

Gelar Liga Champions Tidak Akan Membuat Xavi Bertahan

"Jurgen Klopp adalah pelatih top. Namun, saya rasa ini bukan waktu yang tepat untuk membicarakannya," ungkap Deco kepada La Vanguardia.

"Pelatih baru pasti ingin melakukan perubahan. Namun, pertama-tama kami harus menjelaskan proyek dan ide kepadanya. Ada banyak pilihan," timpal Deco.

"Saat ini, kami belum berbicara dengan pelatih mana pun. Kami masih memproses kepergian Xavi."

Deco pun memberikan syarat yang harus dipenuhi pelatih baru Barcelona. Sang pelatih wajib berpegang teguh kepada gaya main yang sudah menjadi ciri khas Barca.

"Manajer baru harus mengikuti alur kerja. Kami tidak pernah menjadi tim yang tak ingin bermain bagus. Kami tidak akan menjadi tim yang enggan menguasai bola," tutur Deco.

"Berangkat dari ide itu, setiap pelatih memiliki karakternya masing-masing. Namun, siapa pun yang datang harus punya ambisi dan rasa lapar untuk melakukan hal-hal besar dan mengetahui apa yang bisa dicapai."

Menilik dari apa yang diungkapkan Deco, Jurgen Klopp jelas berpeluang besar menjadi pelatih baru Barcelona. Klopp adalah pelatih yang punya haya main menarik dan tidak jarang mengandalkan penguasaan bola.

Namun, masalah utamanya adalah keinginan Klopp untuk rehat dari dunia sepak bola selama satu musim. Klopp dikabarkan tidak ingin melatih selama satu tahun usai hengkang dari Liverpool. Klopp merasa perlu rehat setelah bertahun-tahun melatih tanpa henti.

Dengan demikian, Barcelona perlu meyakinkan Klopp jika memang ingin bekerja sama. Jika tidak, akan sulit melihat Klopp mengubah keputusannya.

Selain Klopp, Barcelona dikabarkan juga melirik Thiago Motta. Pelatih asal Italia itu menjadikan Bologna sebagai kuda hitam di Serie A musim ini.

Mengenai hal itu, Deco mengaku tidak memperhatikan sepak terjang Motta bersama Bologna.

View this post on Instagram

A post shared by Bolaskor.com (@bolaskorcom)

"Saya kurang mengikuti kiprah Motta. Sebab, dia tidak berada di tim Italia yang biasa saya tonton," tegas Deco.

Calon lainnya adalah pelatih tim Barca Atletic, Rafa Marquez. Menurut Deco, Marquez adalah pelatih berbakat.

"Saya mendukung Marquez karena ada di sini. Dia adalah pelatih muda yang berkembang menghadapi kesulitan. Berada di sini akan menjadikannya pelatih lebih baik."

Sejatinya, masih ada satu nama lainnya selain Jurgen Klopp, Motta, dan Marquez yang dikabarkan jadi calon pelatih baru Barcelona. Kabarnya, Barca telah menjalin komunikasi dengan mantan pelatih Bayern Munchen dan timnas Jerman, Hansi Flick.

Barcelona Breaking News Jurgen Klopp LaLiga Deco
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.588

Bagikan