Piala Asia 2023

Memuaskan meski Kalah dari Jepang, Timnas Vietnam Bakal Menyasar Indonesia

Frengky AruanFrengky Aruan - Minggu, 14 Januari 2024
Memuaskan meski Kalah dari Jepang, Timnas Vietnam Bakal Menyasar Indonesia
Timnas Vietnam kalah 2-4 dari Jepang. (Tuan Huu/VFF)

BolaSkor.com - Timnas Vietnam tetap memuaskan meski kalah 2-4 dari Jepang di laga pertama Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Al Thumama, Doha, Minggu (14/1). Hal ini disampaikan oleh sang pelatih Philippe Troussier.

Timnas Vietnam kebobolan lebih dahulu lewat gol Takumi Minamino pada menit 11. Golden Star Warriors berbalik unggul lewat dua gol yang dicetak Nguyen Dinh Bac (16’) dan Pham Tuan Hai (33’).

Jepang mencetak gol lagi melalui Takumi Minamino pada menit ke-45 untuk menyamakan kedudukan, sebelum unggul lewat gol Keito Nakamura menit ke-45+4.

Adapun gol keempat Jepang ke gawang Vietnam dicetak oleh Ayase Ueda pada menit 85.

Baca Juga:

Dibobol Vietnam Dua Kali, Jepang Belajar agar Tak Terulang Termasuk Kontra Indonesia

Bersaing dengan Jepang, Irak, Vietnam, STY Jamin Timnas Indonesia Tak Fokus Bertahan

“Saya puas dengan pertandingan hari ini. Jika mempertimbangkan rangking dan performa Jepang, bisa dikatakan mereka adalah raksasa bagi timnas Vietnam. Jadi para pemain sempat bingung dan kewalahan. Tekanan datang dari lawan di menit-menit awal pertandingan. Di sisa waktu, sang pemain mengikuti strategi taktis dengan sangat baik dan mempertahankan tekadnya hingga menit terakhir,” kata Philippe Troussier dikutip dari Thethao247.

“Saya sangat puas dengan apa yang ditunjukkan seluruh pemain hari ini. Selain itu, saya juga menganggap pertandingan melawan Jepang sebagai bagian keseluruhan dari 3 pertandingan penyisihan grup turnamen tahun ini. Kami bertujuan untuk melanjutkan ke babak sistem gugur.”

Pelatih yang juga pernah menangani Jepang itu menegaskan bahwa Vietnam akan berjuang untuk lolos meski kalah di laga pertama. Hasil baik pun dibidik di dua laga sisa Grup D, melawan Indonesia dan Irak.

Timnas Vietnam selanjutnya menghadapi Indonesia pada 19 Januari. Kemenangan tentu bakal jadi sasaran untuk menjaga peluang.

“Kalaupun hari ini Vietnam menang dan Jepang pun menang melawan Vietnam, belum tentu tim mana yang akan lolos atau tidak. Pertandingan ini tidak memiliki arti knock out, jadi kita harus melihatnya dalam perspektif untuk tiga pertandingan penyisihan grup."

“Dengan Vietnam mencetak 2 gol dan tidak mendapat penalti, menurut saya kekalahan 2-4 hari ini jauh lebih bermanfaat bagi daripada kalah 0-2. Singkatnya, setelah pertandingan hari ini, kami masih bertujuan menjadi tim peringkat ketiga dengan performa terbaik di babak penyisihan grup, atau bahkan lebih baik lagi, peringkat kedua grup."

Vietnam Piala Asia 2023 Timnas Indonesia Jepang Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan