Timnas Indonesia

Melihat 6 Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia di Era Shin Tae-yong

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Jumat, 08 Desember 2023
Melihat 6 Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia di Era Shin Tae-yong
Aksi Ivar Jenner berduel dengan pemain Argentina, saat Timnas Indonesia melawan Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senin (19/6). (BolaSkor.com/Rizki Fitrianto)

BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, terus melakukan berbagai cara agar Skuad Garuda bisa bersaing di Asia. Terlebih dalam ajang Piala Asia 2023 Qatar, 12 Januari sampai 10 Februari 2024 mendatang.

Salah satu caranya adalah melakukan naturalisasi pemain keturunan. Namun, proses naturalisasi ini tidak sembarangan. Banyak faktor yang bisa menentukan sang pemain layak dinaturalisasi atau tidak.

Setidaknya sudah ada 6 pemain keturunan yang dinaturalisasi untuk memperkuat Timnas Indonesia di era Shin Tae-yong. Siapa saja mereka?

Baca Juga:

Shayne Pattynama Hengkang dari Viking FK, ke Klub Liga 1, Asia, atau Tetap di Eropa?

Harapan Erick Thohir Usai Justin Hubner Jadi WNI

1. Jordi Amat

Jordi Amat
Jordi Amat mencatatkan debut untuk Timnas Indonesia saat menghadapi Kamboja, Jumat (23/12). (BolaSkor.com/Paulus Dwi Arde Nugroho)

Jordi Amat dinaturalisasi untuk menambal keroposnya lini belakang Timnas Indonesia. Ia memiliki darah Indonesia dari neneknya yang merupakan penduduk lokal di Pulau Siau, Sulawesi Utara.

Jordi Amat berpindah kewarganegaraan dari Spanyol ke Indonesia. Ia resmi menyandang status Warga Negara Indonesia (WNI) pada 17 November 2022 lalu.

Sayang, umur Jordi Amat sudah melewati masa produktif, alias 31 tahun. Namun, kemampuannya dan pengalamannya bermain di Eropa menjadi modal untuk menuntun pemain Indonesia berkembang.

Ia memiliki pengalaman berkarier di LaLiga Spanyol dengan memperkuat Espanyol, Real Betis, dan Rayo Vallecano. Kini, Jordi Amat memperkuat klub raksasa Malaysia, Johor Darul Ta'zim (JDT).

Pemain kelahiran 21 Maret 1992 itu melakukan debut saat Timnas Indonesia menang 2-1 atas Kamboja di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), 24 Desember 2022. Saat itu, Skuad Garuda berkiprah di Piala AFF 2022.

2. Sandy Walsh

Sandy Walsh
Aksi Sandy Walsh saat melawan Turkmenistan. (BolaSkor.com/Arjuna Pratama)

Sandy Walsh resmi menjadi WNI bersamaan dengan Jordi Amat pada 17 November 2022 lalu. Pemain yang bisa berposisi sebagai bek kanan, bek tengah, winger kanan, dan gelandang tengah itu memiliki darah Indonesia dari sang nenek dan kakek. Pemain keturunan Indonesia-Belanda tersebut mengaku sang kakek berasal dari Surabaya.

Sang ibu, Brigitta Portier, lahir dari orang tua berasal Malang. Pemain berumur 28 tahun itu melakoni debut saat Timnas Indonesia menang 2-0 atas Turkmenistan, pada laga FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jumat (8/9) lalu.

Kini, Sandy Walsh bermain untuk klub kasta tertinggi kompetisi sepak bola Belgia, KV Mechelen.

3. Shayne Pattynama

Shayne Pattynama
Shayne Pattynama bersama Jordi Amat saat latihan bersama Timnas Indonesia. (PSSI)

Shayne Pattynama merupakan keturunan Indonesia-Belanda. Ia memiliki darah Indonesia dari sang ayah, yang berasal dari Pulau Haruku, Maluku Tengah, namun lahir dari Semarang.

Shayne Pattynama tetap menjalani proses naturalisasi sesuai UU Nomor 12 Tahun 2006 pasal 20, walaupun dirinya punya keturunan Indonesia langsung dari orang tua.

Pemain berumur 25 tahun itu melakoni debut saat Timnas Indonesia kalah 0-2 dari Argentina di SUGBK, 19 Juni 2023 kemarin. Ia turun selama 45 menit.

Shayne Pattynama yang lahir pada 11 Agustus 1998 itu baru saja hengkang dari klub kasta tertinggi kompetisi sepak bola Norwegia, Viking FK.

4. Ivar Jenner

Ivar Jenner
Selebrasi Ivar Jenner usai bobol gawang Turkmenistan. (BolaSkor.com/Putra Wijaya)

Ivar Jenner merupakan pemain keturunan Indonesi-Bealnda. Pemain yang lahir pada 10 Januari 2004 itu memiliki darah keturunan Indonesia yang berasal dari nenek dari sang ayah, di Jember, Jawa Timur.

Awalnya, pemain berumur 19 tahun itu diproyeksikan bermain membela Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023. Namun, pada akhrinya, turnamen tersebut batal terselenggara di Indonesia. Ia resmi menjadi WNI pada 22 Mei 2023.

Ivar Jenner sudah melakoni debut bersama Timnas Indonesia saat kalah 0-2 dari Argentina di SUGBK, 19 Juni 2023 kemarin. Kini, ia juga menjadi andalan Timnas Indonesia U-23, dan bermain di Jong FC Utrecht.

5. Rafael Struick

Rafael Struick
Aksi Rafael Struick saat Timnas Indonesia melawan Palestina. (BolaSkor.com/Arjuna Pratama)

Sama halnya dengan Ivar Jenner, Rafael Struick diproyeksikan bermain membela Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023. Ia juga resmi menjadi WNI pada 22 Mei 2023.

Pemain berumur 20 tahun itu juga melakoni debut bersama Timnas Indonesia saat kalah 0-2 dari Argentina di SUGBK, 19 Juni 2023 kemarin.

Struick memiliki darah Indonesia dari sang ayah yang bernama Brian Struick, yang merupakan keturunan Jawa. Sedangkan ibunya, Soraya Noraly Soedito, berasal dari Suriname.

Seperti Ivar Jenner, Rafael Struick menjadi andalan Timnas Indonesia Senior dan Timnas Indonesia U-23. Saat ini, ia bermain di ADO Den Haag.

6. Justin Hubner

Justin Hubner
Justin Hubner. (PSSI)

Justin Hubner menjadi nama paling anyar dinaturalisasi. Pemain Wolverhampton Wanderes itu resmi menyandang status WNI pada Rabu (6/12) kemarin.

Justin Hubner memiliki darah keturunan Indonesia dari sang kakek asal Makassar, yaitu Ferdinand Rudolf Hubner. Pemain berumur 20 tahun itu kini sedang mengurus perpindahan federasi dari KNVB (Federasi Sepak Bola Belanda) ke PSSI, agar bisa memperkuat Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia Justin Hubner Rafael Struick Ivar Jenner Shayne Pattynama Jordi Amat Sandy Walsh Trivia Sepak Bola Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.997

Bagikan