Maurizio Sarri dan 7 Pelatih yang Dipecat setelah Jadi Juara Liga

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 09 Agustus 2020
Maurizio Sarri dan 7 Pelatih yang Dipecat setelah Jadi Juara Liga
Maurizio Sarri dan Claudio Ranieri (Zimbio)

BolaSkor.com - Juventus bersikap tegas kepada Maurizio Sarri. Tidak peduli meski ia membawa Il Bianconeri meraih titel Serie A atau Scudetto 2019-20 Sarri tetap kehilangan pekerjaannya. Ya, Sarri dipecat Juventus.

"Juventus mengumumkan bahwa Maurizio Sarri telah dibebaskan dari posisinya sebagai pelatih tim pertama," berikut isi pernyataan di laman resmi Juventus.

"Klub ingin berterima kasih kepada pelatih yang telah menulis babak baru dalam sejarah Juventus dengan memenangi gelar untuk kesembilan kalinya secara beruntun, kulminasi perjalanan pribadi yang membawa dia naik ke semua divisi sepak bola Italia."

Baca Juga:

Meski Bawa Juventus Juara Serie A, Maurizio Sarri Dipecat

Maurizio Sarri Didepak, Cristiano Ronaldo Bertahan di Juventus

3 Kandidat Kuat Pengganti Maurizio Sarri di Juventus

Maurizio Sarri

Alhasil Sarri hanya bertahan selama semusim sejak menggantikan Massimiliano Allegri di awal musim 2019-20. Dalam dua tahun terakhir Sarri bertahan tidak lebih dari musim sejak melatih Chelsea dan Juventus.

Dipecatnya Sarri menambah panjang daftar pelatih-pelatih yang dipecat klub usai menjadi juara liga. Sebuah bukti tentunya jika klub tak segan memecat pelatih jika penampilan tim tak sesuai harapan.

Sarri dipecat setelah Juventus angkat koper di 16 besar Liga Champions pasca kalah agregat gol (agresivitas gol tandang) 2-2 kontra Olympique Lyonnais. Siapa pelatih lain yang senasib dengannya?

1. Ernesto Valverde

Ernesto Valverde

Melatih Barcelona selama tiga tahun (2017-2020) dan meraih satu titel Copa del Rey, Piala Super Spanyol, dan dua titel LaLiga. Akan tapi di tengah berjalannya musim 2019-20 Valverde dipecat pada Januari 2020, tak peduli meski ia mempersembahkan dua titel LaLiga.

Posisi mantan pelatih Athletic Bilbao digantikan oleh Quique Setien. Tanpa Valverde di kursi kepelatihan Barca klub pada akhirnya gigit jari melihat rival bebuyutan, Real Madrid juara LaLiga.

2. Bernd Schuster

Bernd Schuster

Dengan gaya main ofensif dan tempo tinggi Real Madrid arahan Bernd Schuster menjuarai LaLiga 2007-08. Schuster masih menangani tim di musim keduanya, namun pada perjalanannya dia dipecat setelah di liga posisi madrid terpaut sembilan poin dari Barca. Parahnya lagi jelang El Clasico Schuster blakblakan menilai timnya tak punya peluang menang melawan Barcelona.

3. Jose Mourinho

Jose Mourinho

Meraih titel Premier League ketiga kala melatih Chelsea di periode kedua pada musim 2014-15. Jose Mourinho seakan aman dari pemecatan karenanya, namun karena masalah internal dari pemberontakan pemain-pemain senior Mourinho pun dipecat pada Desember.

Pemecatan itu mempertegas status Jose Mourinho sebagai manajer atau pelatih yang seringkali berganti klub.

4. Fabio Capello

Fabio Capello

Tanpa titel LaLiga pada medio 2004-2006 Real Madrid memanggil kembali Fabio Capello sebagai pelatih untuk musim 2006-07. Benar saja Capello langsung memberikan titel LaLiga untuk Merengues.

Akan tapi nasibnya sama seperti Sarri di Juventus. Kegagalan membawa Madrid melewati fase 16 besar Liga Champions berujung pemecatan pelatih asal Italia. Pemecatan itu terjadi 11 hari setelah LaLiga berakhir.

5. Claudio Ranieri

Claudio Ranieri

Tidak akan pernah ada yang melupakan sejarah ketika Leicester City memenangi titel Premier League 2015-16. Claudio Ranieri yang sudah memulai karier kepelatihan pada 1986 pada akhirnya mampu meraih titel Premier League dengan cara yang spesial bersama tim non-unggulan juara.

Akan tapi di musim berikutnya nasibnya berbalik 180 derajat. Ranieri dipecat dan digantikan oleh Craig Shakespeare. Kini pelatih berusia 68 tahun membesut Sampdoria.

6. Massimiliano Allegri

Massimiliano Allegri

Dipecat pasca lima tahun melatih Juventus (2014-2019) dan mempersembahkan lima Scudetto, empat titel Coppa Italia, dan dua Piala Super Italia. Massimiliano Allegri digantikan Maurizio Sarri yang ironisnya dipecat baru ini.

Allegri didepak karena kegagalannya menjuarai Liga Champions setelah dua kali mencapai final pada 2015 dan 2017. Kendati demikian pemecatannya membuktikan bahwa menjuarai liga saja acapkali tak cukup bagi pelatih mempertahankan pekerjaannya.

Breaking News Trivia Sepak Bola Juventus Maurizio Sarri Fabio capello Massimiliano Allegri
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.188

Bagikan