Maruli Simanjuntak, dari Komandan Paspampres hingga Ketua Umum Federasi Judo

Andhika PutraAndhika Putra - Senin, 06 November 2023
Maruli Simanjuntak, dari Komandan Paspampres hingga Ketua Umum Federasi Judo

BolaSkor.com - Jangan tanyakan soal dedikasi kepada Mayjen TNI Maruli Simanjuntak. Jiwa dan raganya sudah sepenuhnya untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sebagai tentara, Maruli memiliki pengalaman mentereng. Pria kelahiran Bandung, 27 Februari 1970 ini merupakan alumni Akademi Militer (Akmil) 1992. Usai lulus dari Akmil, sederet jabatan penting pernah ia duduki. Seperti menjabat sebagai Komandan Detasemen Tempur Cakra pada 2002.

Maruli juga sempat menjabat sebagai Komandan Grup A Pasukan Pengaman Presiden sejak Presiden Joko Widodo menjabat, yaitu pada 2014 sampai 2016. Kemudian ia menjabat Wakil Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Wadanpaspampres) pada 2017 hingga 2018.

Saat ini Maruli menjabat sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad). Ia menggantikan posisi yang sebelumnya diduduki Dudung Abdurachman.

Tak hanya aktif di militer, Maruli juga merupakan pejudo berbakat. Kecintaannya pada olahraga tersebut membuatnya mendedikasikan diri sebagai Ketua Umum Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI).

Bila banyak ketua umum federasi bukanlah atlet yang terjun langsung, Maruli berbeda. Ia merupakan mantan atlet judo Indonesia di SEA Games 1995.

Berbagai prestasi juga pernah didapat Maruli seperti menjuarai Judo Military Asean di Filipina pada 1997. Maruli kala itu turun di kelas 71 kg.

Kini sebagai ketua umum PJSI, Maruli memiliki tekad untuk bisa membawa judo Indonesia kembali ke masa keemasan.

Target tampil pada Olimpiade menjadi misi utama. Ia mengingikan ada judoka Indonesia yang berlaga pada abang empat tahunan tersebut.

“Saya ingin mengembalikan kejayaan judo superti di 1990-an. Kala itu judo bisa tampil di Olimpiade,” ujar Maruli.

Tak hanya di dalam negeri, Maruli juga aktif di federasi judo internasional. Belum lama ini, Maruli Director Commisioner of the IJF Military and Police Commision. Nantinya Maruli bakal bertugas melakukan supervisi implementasi judo di kepolisian dan struktur militer seluruh dunia.

Penunjukkan Maruli ke dalam jajaran IJF sekaligus menjadi sejarah bagi Indonesia. Untuk pertama kalinya ada perwakilan Indonesia masuk ke dalam federasi tersebut.

Terkait hal ini, Maruli mengaku sangat terhormat dengan kepercayaan yang diberikan. Berbekal posisi tersebut, Maruli berjanji akan meningkatkan pamor judo Indonesia, baik dari segi prestasi atlet hingga militer dan polisi.

Breaking News
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.254

Bagikan